Mohon tunggu...
Mulka Anisa
Mulka Anisa Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Etika Pemasaran dalam Bisnis Islam

21 Oktober 2017   15:38 Diperbarui: 21 Oktober 2017   16:25 2530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Bisnis tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pemasaran, sebab Pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dari salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pedagang dalam usahanya mempertahankan kelangsungan hidup bisnisnya guna memenuhi kebutuhan seseorang berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfaatan produk, harga, promosi, dan distribusi. Berhasil atau tidaknya pemasaran untuk mencapai tujuan bisnisnya tergantung pada keahlian dibidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang lainnya.

Dalam memasarkan suatu produk seorang pengusaha sering kali melakukan segala cara untuk mendapatkan suatu keuntungan, tanpa memikirkan aturan atau larangan yang seharusnya ditaati dalam memasarkan barangnya. Namun di dalam agama, risalah bisnis sudah dijelaskan dalam fiqih muamalah jualbelidalam islam. Dan kita sebagai umat islam harus mematuhi dan menjalankan semua perintah Allah yang telah ditetapkan dalam al-qur'an, dan hadist. Adapun ayat yang menjelaskan tentang pemasaran yaitu:

(QS. An-Nisa' :29)

" wahai orang-orang beriman! Janganlah kamu sekalian memakan harta sesamamu dengan jalan batil kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu "

Ayat ini menerangkan hukum transaksi secara umum, lebih khusus kepada transaksi perdagangan, bisnis jual beli. Sebelumnya telah diterangkan transaksi muamalah yang berhubungan dengan harta, sperti harta anak yatim, mahar, dan sebagainya. Dalam ayat ini Allah mengharamkan orang beriman untuk memakan, memanfaatkan, menggunakan harta orang lain dengan jalan batil, yaitu yang tidak dibenarkan oleh syari'at . kita boleh melakukan transaksi terhadap harta orang lain dengan jalan perdagangan dengan asas saling ridha dan ikhlas. dan dalam ayat ini adalah merupakan salah satu gambaran kecil dari kesempurnaan islam, dimana islam menegaskan bahwa kita diajari oleh Allah bagaimana berbisnis dengan benar.

Etika pemasaran dalam islam memiliki prinsip yang menjaga aturan hukum ekonomi syariah. Pemasaran dalam islam harus mengandung pemasaran syariah, yakni pemasaran yang selalu memperhatikan aturan dan tujuan ekonomi islam. Akan lebih baik jika seorang pelaku bisnis memperhatikan norma yang berlaku dan tata cara dagang yang ada dalam islam. Adanya tata cara berdagang atau berbisnis sudah di atur dalam alqur'an.

Adapun prinsip-prinsip pemasaran dalam islam sebagai berikut:

Keadilan

Adil adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha dalam memasarkan barang atau produknya. Jika seorang pemimpin perusahaan tidak mampu menciptakan keadilan dalam usahanya, dan untuk sukses dunia akhirat maka mereka harus bertindak secara adil dan bijaksana.

Menjaga kualitas produk

Salah satu cara yang bisa kita lakukan yaitu demi menjaga hubungan dengan pelanggan, yakni dengan ,menjaga kualitas dari barang kita. Sebagai seorang pemasar yang baik, tentu kita harus memberikan spesifikasi barang yang sesuai dengan kualitasnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun