Mohon tunggu...
Mukmin
Mukmin Mohon Tunggu... Jurnalis - Olahraga | Sepak Bola

Selalu bersyukur, berjuang, dan tetap optimis maju ke depan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Piknik Hemat dan Bermanfaat

6 November 2022   16:32 Diperbarui: 6 November 2022   16:43 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puncak Gunung Geurutee, Aceh Jaya. Dokpri.

PIKNIK merupakan satu waktu yang ditunggu-tunggu bagi setiap anggota keluarga. Bila menurut anda piknik hanya sekedar untuk bersenang-senang dengan bermain dan bercanda, ini saatnya anda mengubah pendapat tersebut dengan memaknai bahwa piknik itu bisa mendatangkan manfaat khususnya bagi anak-anak.

Bila liburan sekolah telah tiba dan anda berencana membawa anak-anak untuk pergi berpiknik, maka jangan sampai sia-siakan kesempatan ini untuk lebih mendekatkan diri dengan anak. Mengingat selama ini masing-masing mempunyai kesibukan, baik di sekolah maupun di tempat kerja.

Pergi piknik tidak harus mahal dan pergi ke tempat-tempat dengan mengeluarkan biaya besar. Karena yang terpenting saat berpiknik yaitu masing-masing keluarga bisa merasakan kebahagiaan dan kehangatan bersama-sama.

Piknik dengan biaya hemat salah satunya dengan berkunjung ke tempat wisata yang tak jauh dari rumah. Atau ke tempat yang sekiranya biayanya terjangkau. Di Indonesia tentu banyak sekali tempat piknik yang menawarkan tarif murah dan hemat. Berikut ini ulasannya :

1. Museum
Museum adalah tempat menyimpan dokumen-dokumen bersejarah berupa benda, binatang dan lain sebagainya. Banyak manfaat yang didapatkan dengan berkunjung ke museum, anda dapat menjelaskan kepada anak tentang benda yang dilihatnya.

Bagi dalam museum Tsunami, Banda Aceh. Dokpri.
Bagi dalam museum Tsunami, Banda Aceh. Dokpri.
Dan dengan begitu pengetahuan anak tentang benda bersejarah akan semakin bertambah. Selain itu, tarif masuk ke tempat museum terbilang murah antara Rp. 7.500 - Rp. 15.000, bahkan ada juga museum yang tidak memberlakukan biaya sepeserpun alias gratis.

2. Kebun Binatang
Berkunjung ke kebun binatang bisa mengenalkan kepada anak berbagai macam hewan. Mulai dari nama binatang, kebiasaannya, ciri-cirinya, makanan binatang dan lain sebagainya. Tentu hal ini menambah wawasan bagi anak terhadap binatang yang dia lihat.

Taman Rusa, Aceh Besar. Dokpri.
Taman Rusa, Aceh Besar. Dokpri.

Taman Rusa, Aceh Besar. Dokpri.
Taman Rusa, Aceh Besar. Dokpri.

3. Agrowisata
Agrowisata adalah kegiatan wisata yang berkaitan dengan pertanian. Anda bisa mengajak anak berkunjung ke kebun teh, taman stawberry dan taman bunga. Manfaatnya adalah anak bisa lebih mengenal tentang nama buah, nama bunga dan juga mengenal bentuk tanaman atau buah tersebut. Juga bisa mengenalkan kepada anak tentang cara pengolahan daun teh sehingga bisa dibuat minuman dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun