Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Menanam Tanaman Jenis Tahunan Jadi Caraku Berinvestasi

23 November 2021   11:04 Diperbarui: 27 November 2021   18:49 424 22 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanaman Petai Usia 1 Tahun (Dokumentasi Pribadi)

Merujuk arti kata investasi dalam kamus besar Indonesia, secara garis besar investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam perusahaan dengan tujuan memperoleh keuntungan. Baik investasi dalam jangka waktu yang dekat (pendek) atau jangka waktu yang panjang, sing penting menguntungkan.

Ragam bentuk investasi dipahami, baik dengan cara membeli emas atau sejenis berlian, membeli lahan kosong atau tanah kaplingan, membuka bisnis baru atau mengembangkan usaha yang ada, bermain dalam pasar saham pun seringkali menjadi cara untuk berinvestasi dengan target semoga suatu saat nanti modal dapat berkembang, produtif.

Begitupun investasi dalam dunia peternakan dan pertanian, bagi para milenial menarik loh untuk dilakukan khususnya yang berdomisili di pedesaanPenanaman modal yang cukup menguntungkan. Beternak dan bercocok tanam. Atau dengan mengombinasikan dunia perternakan dan dunia pertanian dalam satu paket investasi, ya kan.

Pada bidang pertanian, misalnya menanamkam modal dalam usaha tani bertani, membuka kios pupuk, menyediakan bibit tanaman kepada para petani.

Bahkan sebagai pengepul barang produksi hasil petani, termasuk mengembangkan koperasi unit desa yang disatukan kelompok tani dipedesaan.

Untuk berkebun juga menarik untuk diupayakan atau dicoba dengan memberikan modal bertani kepada para petani.

Memberi modal membuka lahan baru, memberikan pinjaman kepada dalam bercocoktanam, kepada petani sayuran misalnya. Menjadi pengepul sayuran mereka, investasi modal sekaligus juga menjadi pegumpul produksi pertanian banyak dijumpai loh dipedesaan.

Tanaman Merica Usia 2 Tahun (Dokumen Pribadi)
Tanaman Merica Usia 2 Tahun (Dokumen Pribadi)

Bahkan kombinasi pada dunia peternakan dan pertanian, investasi yang menguntungkan loh. Dalam banyak sisi, terdapat point tersendiri bagi petani menggalakan dua bidang untuk dicoba, ya kan.

Tanaman subur karena suplay pupuk alami dari kotoran ternak sendiri serta menekan/mengurangi angka pengeluaran tertentu. Bahkan bisa menjadi pendapatan seseran (sambilan) petani. Pakan ternak bisa didapati dari daun-daunan yang dipangkas, daun Jagung bisa dijadikan makanan Kambing atau Sapi, misalnya.

Nah kembali pada kata investasi, sebagian diantara kita mungkin telah banyak melihat secara langsung, yakni mengeluarkan uang yang cukup besar dalam investasi dibidang pertanahan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan