Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peduli Lingkungan dengan Memanfaatkan Limbah Dapur dan Sampah Rumah Tangga

2 Oktober 2021   12:54 Diperbarui: 2 Oktober 2021   12:57 210 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrated by: idntimes.com

Sayangilah alam dengan cara peduli pada lingkungan sekitar kita

Meskipun grafik pemberitaan isu lingkungan hidup tidak sehangat isu politik dan ramenya tayangan acara gosip yang mengupas seluk beluk kalangan selebritis tanah air. Bukan berarti isu lingkungan jadi tak penting diketahui oleh publik lho. Karena dianggap kurang 'gergetan' untuk disajikan.

Diangkatnya isu lingkungan ke permukaan oleh media sangatlah diperlukan dalam membangun kesadaran kita semua, arti penting  kepedulian lingkungan sebagai gerakan massa di masyarakat.

Setidaknya kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan sekitar point penting upaya dalam menjaga lingkungan, minimal kepekaan pada kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal yang semakin hari semakin menurunnya rasa peduli pada lingkungan dan kelestarian pada alam.

Bahayanya kerusakan alam bagi keberlangsungan makhluk hidup, manusia, tanpa kita sadari menganggu keseimbangan ekosistem yang alami. Menuai rentetan persoalan baru berdampaj pada kehidupan manusia itu sendiri bukan.

Munculnya fenomena baru yang belum pernah kita rasakan selama ini, atau dari cerita  para pendahulu bagaimana kondisi alam dahulu (orang tua kita) kala itu.

Hal ini berkaitan dengan kerusakan lingkungan (alam) karena masih rendahnya tingkat kesadaran kita pada lingkungan sekitar, menciptakan perubahan yang dapat dirasakan sekarang tidak terlepas atas apatisnya kita lingkungan bukan.

Kerusakan alam itu terjadi karena ulah tangan manusia itu sendiri, bukan.

Hal terkecil misalnya, berawal dari kebiasaan kita yang sukar untuk berubah pada prilaku sadar lingkungan seperti masih banyaknya melakukan buang sampah sembarangan.

Pada sisi lain, mulai menurunnya aksi sosial seperti bersih-bersih lingkungan di masyarakat, gotong royong bersifat rutinitas. Sudah mulai langkah termasuk dilingkungan penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan