Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani (Buruh + Tani) di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Membudidayakan Tanaman Obat Warisan Keluarga

5 September 2021   00:03 Diperbarui: 5 September 2021   00:03 161 19 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membudidayakan Tanaman Obat Warisan Keluarga
Ilustrated by: orami.co.id

Kekayaan aneka flora sumber bahan baku dunia obat-obatan. Disadari atau tidak sebenarnya banyak jenis tanaman yang justru tumbuh disekitar kita. Menjadi Gulma penggangu tanaman yang sedang kita rawat.

Tumbuh liar dipekarangan rumah, jalan, belakang rumah yang selama ini dianggap sebagai tumbuhan tidak berguna namun justru bermanfaat didaerah lain, memiliki nilai ekonomis dikemudian hari. 

Tanaman yang sedang dicari karena berkhasiat akan jenis penyakit tertentu. Tanpa kita ketahui sebelumnya, seiring waktu dengan adanya temuan dari hasil riset penelitian. 

Incaran dalam bisnis untuk dikembangkan sebagian orang karena mengetahui prospek tumbuhan tersebut. Semula diabaikan selanjutnya dibudidayakan dalam cakupan besar-besaran.

Seperti rumput yang selama ini yang hanya diketahui sebagai pakan hewan ternak. Pasca telah ditemukan kandungan zat yang terkandung terdapat unsur-unsur untuk kesehatan. Menjadi sumber obat untuk jenis penyakit yang akut dan kronis misalnya.

Termasuk dalam tanaman obat keluarga warisan berharga untuk tetap dilestarikan. Tanaman obat dari zaman nenek kakek masih dipercayai bermanfaat atas penyakit tertentu.

Kekayaan nusantara, selain perbedaan budaya daerah juga kaya juga dalam hal dunia pengobatan tradisional masyarakat. Masyarakat telah menemukan cara sendiri dalam mengobati dan menjaga kesehayan.

Tanaman yang selalu ditanami untuk sebagai obatan tradisional, diturunkan secara turun temurun. Seperti anjuran menanam Jeruk Nipis obat batuk, air batang pisang untuk obat panas dalam, kunyit bisa obat tuk penambah nafsu makan, dan masih banyak lainnya.

Dengan semakin canggih teknologi, gampangnya tuk mengakses informasi. Juga berguna tuk mencari berbagai sumber informasi dalam kesehatan. Obat-obatan tradisional. Khasiat dari bermacam jenis tumbuhan liar.

Yang awalnya dianggap sebagai tanaman tidak berguna sama sekali setelah mengetahui apa khasiatnya, maka bisa diterapkan, banyak loh yang moncer saat mencoba atas tip atau tutorial hasil searching internet. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan