Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Petani - Dikenal Sebagai Negara Agraris, Namun Dunia Tani Kita Masih Saja Ironis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Tanaman Bulanan atau Tanaman Tahunan, Manakah Pilihanmu?

19 Juli 2021   15:47 Diperbarui: 19 Juli 2021   17:39 286 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanaman Bulanan atau Tanaman Tahunan, Manakah Pilihanmu?
sumut.antaranews.com

Tanaman Tahunan atau Tanaman Bulanan

Seluk beluk dunia tani bertani dalam istilah krennya ilmu botani. Dibagi menjadi dua jenis tanaman dalam pertanian. Tanaman jenis tahunan dan tanaman jenis bulanan.

Dua jenis tanaman ini mudah diperhatikan dan kita jumpai dilingkungan para petani. Dapat disimak dari sisi cepat atau lambatnya masa panen. Serta perbedaan bentuk dan sifat tanaman itu sendiri.

Dari jenis tanaman ini sudah barang pasti memiliki perbedaan satu sama lainnya. Ada yang terbilang cukup lama dan ada yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu hasil panen.

Tanaman Tahunan

Secara usia/umur tanaman tahunan, petani biasanya menunggu rentang waktu cukup dalam mendapati hasil. Petani mesti extra bersabar menunggu kurun bertahun-tahun untuk memperoleh hasil tanaman.

Ciri khas yang lazim ditemui, tanaman cenderung keras, berbiji, berbuah dan membentuk batang besar atau pohon. Kurun yang waktu lama dari proses bertanam, bertahun-tahun baru bisa melihat hasil buat petani.

Sedangkan dalam panen ada yang bisa dipetik hanya sekali setahun, ada dua kali panen dalam setahun. Bahkan bisa bulanan atau mingguan bisa dipanen. Jika tanaman tahun telah menghasilkan.

Seperti tanamam kopi misalnya. Kurang lebih dua bahkan tiga tahun dari jangka proses tanam sampai berusia tiga tahun baru bisa berbuah. Sedangkan masa penyemaian bibit tidak terhitung dalam hal ini. Bisa lebih kan.

Begitupun seperti tanaman lain. Kemiri, Kakau, Pala, dan lainnya. Harus menunggu waktu bertahun-tahun. Keuntungannya tanaman tahunan pasca telah berhasil, tanaman ini bisa terus panen dalam kurun lama lho. 

Puluhan bahkan ratusan tahun masih bisa menghasilkan bagi petani. Terus bisa dipetik/dipanen, bukan sekali panen. Asalkan tanaman ini selalu dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x