Mohon tunggu...
Ibra Alfaroug
Ibra Alfaroug Mohon Tunggu... Penulis amatir yang lagi belajar menulis

Buruh Tani di Tanah Milik Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Rumah Gadang Ciri Khas Bangunan Sumatra Barat

22 Maret 2021   06:51 Diperbarui: 22 Maret 2021   06:58 246 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rumah Gadang Ciri Khas Bangunan Sumatra Barat
Idntimes.com

Sekilas yang Kuketahui dari Provinsi Sumatera Barat

Tepatnya pada tahun 2015, dalam acara proses pelaksanaan wisuda mahasiswa dari Kota Curup yang akan melasanakan prosesi wisuda di kampus IAIN Bukittinggi.

Yang sebelum peralihan status ke IAIN Bukittinggi dikenal dengan nama STAIN Sjech M. Djamil Djambek. Baru ditahun 2016 peralihan menjadi IAIN Bukittinggi. Melalui keputusan kementerian agama Republik Indonesia.

Menurut khabar terkini, gencar-gencarnya menuju UIN seperti IAIN Imam Bonjol yang telah menyandang UIN. Begitupun IAIN Batu Sangkar juga akan menyusul perubahan menuju UIN.

Sepengetahuan ku tentang Provinsi Sumatera Barat yang lebih dikenal kota Padang, kotanya Urang Minang, memiliki ciri khas rumah Gadang, masakan rendang, kripik sanjay, Jam Gadang dan sebagainya ciri unik dan kekayaan khasnah yang dimilikinya.

Selain kisah historis Urang Minang telah banyak melahirkan orang-orang hebat untuk bangsa ini loh. Dari Bung Hatta, Sutan Syarir, M. Natsir, Buya Hamka, H. Agus Salim, Imam Bonjol dan lainnya.

Bahkan konon khabar berdasarkan sumber artikel yang kubaca yakni mengupas sosok tokoh Revolusioner Tan Malaka juga berasal dari Provinsi ini. Yang pernah menorehkan karya monumentalnya yang berjudul Madilog (Materialisme, Dialektika dan Logika).

Dan ketokohan DN. Aidit yang dikenal tokoh teras Partai PKI pun asal usul silsilahnya juga berasal dari Sumatera Barat. Meskipun dari beberapa artikel menyebutkan tempat kelahirannya adalah pulau Bangka Belitung.

Kekhasan lain yang menarik menurutku dari sistem kekerabatan urang Minang, yang menganut sistem garis matrilineal dengan filosofi adat bersendi syara, syara bersendi kitabullah. Materi sosiologi dan antropologi yang dibahas sewaktu duduk dibangku SMA dari guru yang kebetulan berasal dari Sumatera Barat.

Pada sisi lain dari berbagai sumber, Provinsi Sumatera Barat bisa dikatakan kota pelajarnya pulau Sumatera loh. Ditandainya banyak berdiri kampus-kampus bonafit. Baik kampus berstatus negeri maupun kampus swasta.

Nah dalam ini yakni orang Curup tempat kelahiranku. Banyak yang menempuh/mengenyam pendidikan kesana. Selain memang ada hubungan secara tak langsung antara suku Rejang dengan suku Minang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x