Mukmin AlFaruq
Mukmin AlFaruq Petani

Talk Less do more

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Berkompasiana Itu Bermanfaat Loh!

15 April 2019   09:32 Diperbarui: 16 April 2019   14:05 166 21 8
Berkompasiana Itu Bermanfaat Loh!
ilustrated by; kompasiana.com

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih sangat mendukung penyebaran informasi di dunia. Sehingga tidak aneh jika peristiwa di bagian selatan bumi ini dapat diketahui secara serentak di belahan bumi bagian utara. Teknologi komunikasi telah membawa manusia pada alam tanpa batas ruang dan waktu.

Di satu sisi membawa kemajuan yang pesat dan menjanjikan pada kehidupan masa depan yang canggih dan menakjubkan. Namun disisi lain, era informasi menimbulkan implikasi yang mengkhawatirkan bagi kehidupan, baik dari aspek sosial, budaya maupun pendidikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi ini, kita dapat menikmati atau menggunakannya dalam berkehidupan, baik bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya yang positif. Kini perkembangan teknologi khususnya internet telah menggurita di dunia apalagi didukung berbagai program, aplikasi dan fitur-fitur yang menarik.

Perkembangan internetan ini menjadi sebuah keharusan bahkan kewajiban. sebagai contoh adalah sistem yang digunakan lebih efektif dan efisien dalam bekerja ketika sistem telah terinclude melalui jaringan internet. Mau atau tidak mau, siap atau tidak siap, inilah zamannya sekarang.

Berbagai media yang serba canggih dengan mengedepankan prinsip efektivitas dan efisiensi, lahirlah penyalur informasi yang menakjubkan. Dalam waktu yang sangat singkat suatu peristiwa di daerah tertentu dapat diketahui didaerah lain secara serentak dan bersamaan.

Dalam hal ini perkembangan ini kita dapat berkomunikasi atau bersocialpun melalui media seperti Facebook, Twiter, Line, Hologram, Email, Whatshap, Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

ilustrated by; pixabay.com
ilustrated by; pixabay.com
Di Negara kita ada sebuah media yang telah ada tidak jauh beda dengan media tersebut. Yaitu Kompasiana.

Apakah itu Kompasiana?

Kompasiana adalah sebuah produk media sosial berplatform blog yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Kompasianer (sebutan bagi pengguna Kompasiana). 

Kompasianer diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan informasi, gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan, sepanjang dapat dipertanggungjawabkan olehnya, sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Kompasiana adalah sebuah platform blog dan publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak 22 Oktober 2008. Setiap konten (artikel, foto, komentar) dibuat dan ditayangkan langsung oleh Pengguna Internet yang telah memiliki Akun Kompasiana (disebut Kompasianer).

Pembaca dan Kompasianer wajib membaca Syarat dan Ketentuan Kompasiana secara cermat. Dengan mengakses dan/atau melakukan registrasi di Kompasiana, Kompasianer menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan Kompasiana di kemudian hari. Kompasianer dipersilakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini jika tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Kompasiana.

ilustrated by; kompasiana.com
ilustrated by; kompasiana.com
Berikut Definisi umum dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan Kompasiana:

  1. Kompas Cyber Media adalah grup usaha di industri digital milik kelompok bisnis Kompas Gramedia.
  2. Kompasiana adalah media sosial berplatform blog yang seluruh kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna Internet. Hak cipta dan merek dagang Kompasiana dimiliki oleh PT Kompas Cyber Media, salah satu unit usaha Kompas Gramedia.
  3. Pembaca adalah setiap pribadi yang mengakses situs web Kompasiana. Pembaca tidak memiliki akun di Kompasiana, oleh karenanya tidak bisa menempatkan konten apapun, termasuk komentar dan peringkat (rating), di Kompasiana. Pembaca tidak memiliki akses ke fitur dan layanan Kompasiana.
  4. Kompasianer adalah sebutan bagi Pengguna Kompasiana, pengguna Internet yang melakukan registrasi, dan selanjutnya memiliki Akun Kompasiana. Kompasianer memperoleh akses untuk menggunakan fitur dan layanan Kompasiana.
  5. Akun Kompasiana adalah identitas kepemilikan blog di Kompasiana. Setiap akun di Kompasiana memiliki Halaman Profil yang berisi indeks Konten milik Kompasianer yang dapat diakses oleh Pembaca dengan cara menyantumkan nama Akun Kompasiana di belakang alamat situs web Kompasiana (misalnya, www.kompasiana.com/NamaAkunKompasiana). Nama Akun Kompasiana yang digunakan oleh Kompasianer dapat berbeda dari identitas Kompasianer yang menggunakannya.
  6. Pengelola atau Admin adalah pihak yang memiliki akses untuk memoderasi dan mengelola konten. Pengelola bertugas memeriksa dan mengelola konten yang masuk, memproses verifikasi akun, dan menjalin komunikasi dengan para anggota. Pengelola memiliki hak menghapus Konten yang melanggar ketentuan, menyunting konten, mengatur waktu penayangan konten, melayangkan peringatan, dan memblokir akun.
  7. Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem dan/atau ditayangkan (published) di situs Kompasiana, terdiri dari tulisan, file foto dan bentuk grafik 2 dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar. Konten juga termasuk materi yang diunduh (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embedded) ke dalam materi yang ditayangkan di Kompasiana.
  8. Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) adalah istilah yang digunakan merujuk kegiatan warga atau masyarakat atau orang per orang yang bukan jurnalis profesional dalam mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa.

Bermanfaatkah Kompasiana?

Kompasiana menurut penilaian pribadi adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat banyak informasi-informasi yang berbentuk artikel. Orang bisa saja berkunjung bahkan menulis bermacam-macam tulisan sesuai dengan kategori dan kriteria yang telah ditentukan.

Adapun manfaat berkompasiana menurut aku khususnya:

ilustrated by; pixabay.com
ilustrated by; pixabay.com

  1. Sebagai media berbagi informasi, baik tentang pendidikan, ilmu yang bermanfaat.
  2. Sebagai media untuk mengaktualisasikan diri kita melalui sebuah tulisan
  3. Sebagai media untuk mensosialisasikan atau mempromosikan daerah masing-masing
  4. Sebagai tempat menimba ilmu (belajar) satu sama lain
  5. Sebagai media pererat persatuan dan penyatu keanekaragaman
  6. Dan masih banyak lainnya yang positif kalau diuraikan satu persatu

Pengalaman berkompasiana

Pada tanggal 21 Januari 2019 pertama kali aku berkompasiana, banyak sekali penglaman yang aku dapati. Dari teguran dari kompasiana karena mengambil gambar tidak menuliskan link gambar tersebut bahkan ada kesenangan sendiri ketika tulisan yang dibuat masuk dalam kategori pilihan atau artikel utama. Bahkan dengan menulis melatih otak untuk berpikir dalam mengekspos tulisan yang akan diupload, sehingga memberikan stimulus kepada kompasianer untuk berhati-hati dalam menulis, dan merangsang untuk lebih rajin lagi membaca sebagai bahan referensi.

Sebuah catatan yang urgen bukan pilihan atau artikel utama menjadi acuan dalam menulis, tapi sebuah proses agar lebih baik dalam tulis menulis. Kita dapat membandingkan tulisan pertama kali kita dengan tulisan kita kini. Secara tidak langsung ada sebuah progres kearahyang lebih baik. inilah positif itu!. Kita juga dapat membandingan tulisan yang kita buat di media lain (Fb, Ig, Tw) sebelumnya,pasti ada sebuah perbedaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2