Mohon tunggu...
Mukhamad Irfan Hidayatullah
Mukhamad Irfan Hidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa FT-STTDB Bekasi

Indonesia Bisa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mari Kenali Fungsi Dasar "Arduino"

20 November 2020   00:00 Diperbarui: 20 November 2020   00:17 17 1 0 Mohon Tunggu...

Jika mencari referensi di internet, mungkin kita akan dibuat bingung dengan beberapa istilah yang masih berkaitan dengan fungsi pada Arduino. Istilah tersebut adalah manfaat Arduino dan kegunaan Arduino.

Sekilas, antara fungsi, manfaat, dan kegunaan Arduino terdengar berbeda. Namun dari segi makna mengacu pada suatu hal yang sama. Yaitu apa saja yang bisa dibuat dengan Arduino.

Jadi, apabila kamu mencari fungsi Arduino, maka kemungkinan besar kamu akan berpapasan dengan manfaat dan kegunaan dari Arduino. Ini karena ketiga hal tersebut saling berkaitan.

Nah, pada pembahasan kali ini kita akan belajar bersama menjelaskan fungsi dari Arduino dalam tiga poin. Yaitu sebagai berikut:

1. Mempermudah Pembuatan Rangkaian  

Dengan menggunakan Arduino, maka kamu akan lebih mudah dalam membuat rangkaian. Ini karena Arduinomemungkinkan kita untuk merakit komponen elektronika tanpa harus repot-repot melakukan penyolderan.

Rangkaian Arduino yang dipadukan dengan kabel jumper dan breadboard,memungkinkanmu untuk membuat rangkaian dengan sistem colok sana sini.Apabila ada kabel yang salah pasang, sangat mudah untuk memperbaikinya. Kamu hanya perlu mencabut dan memasangnya lagi semudah menancapkan jarum ke roti.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa Arduino adalah solusi praktis untuk siapapun yang masih pemula dan ingin belajar seputar elektronika dan robot.

2. Mempermudah Penulisan dan Upload Program

Fungsi yang kedua adalah mempermudah penulisan program dan proses upload-nya ke papan sirkuit Arduino.

Mengapa demikian?

Karena Arduino telah menciptakan software khusus yang bernama Arduino IDE yang sudah dilengkapi dengan library. Yaitu suatu paketan kode yang terdiri atas perintah khusus yang rumit dan akan sangat melelahkan bila diketik manual.Jadi bisa dibayangkan kalau tidak ada sistem library ini. Tentunya kita akan dibuat sangat kerepotan untuk mengetikkan program rumit dan memusingkan kepala itu.

Untuk mendapatkan library, kamu bisa mengunduhnya langsung dari menu yang ada di software Arduino IDE.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN