Mohon tunggu...
muji hermawan
muji hermawan Mohon Tunggu... Guru - biodata diri

nama muji hermawan, lahir pada tanggal 17 april 1982, alamat sindetanyar-besuk-probolinggo, mengajar di smp plus tahdzibun nasyiin pakuniran, mulai mengajar tahun 2007 sampai sekarang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Modul Bahasa Inggris Kelas VII

5 Desember 2021   06:03 Diperbarui: 5 Desember 2021   06:07 54 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Pembuatan Laporan

 

Peningkatan kemampuan mengajar merupakan suatu proses pembentukan ketrampilan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang mantap yang diharapkan telah terbentuk menempuh berbagai mata kuliah. proses pembentukan ketrampilan lebih-lebih ketrampilan mengajar haruslah dilakukan secara bertahap dan sistematis, sehingga penguasaan ketrampilan dapat dipantau secara bertahap dan sistematis pula. Seorang guru harus bisa mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukannya untuk melihat dan memperbaiki kelemahan dalam pembelajaran yang disampaikan kepada pesertadidik. Untuk itulah kegiatan refleksi sangat diperlukan.

Refleksi adalah guru mampu menentukan mengapa pelajaran tidak memuaskan (aktivitas atau materi pelajaran tidak tepat, langkah-langkah yang lemah, atau pengelompokan siswa yang tidak tepat) sehingga dapat diperbaiki di waktu mendatang. Dengan demikian guru akan senantiasa memperbaiki diri dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kegiatan refleksi ini guru lakukan terhadap Praktek pengalaman Lapangan (PPL) Siklus 1 semester satu tentang pokok bahasan Greeting crad pertemuan pertama yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at 22 oktober 2021.

Tujuan Pembuatan Refleksi

Laporan ini disusun bertujuan untuk :

  • Menilai bagaimana respon siswa dalam sebuah pembelajaran terhadap materi Greeting Card.
  • Agar guru bisa memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah dilaksanakan didalam kelas.
  • Memahami akurasi sebuah model, pendekatan, strategi, taktik dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan.
  • Memahami apa saja keperluan dan kemauan dari siswa secara detail. Ini berfungsi untuk guru bisa membuat pembelajaran yang lebih efektif dalam kesempatan selanjutnya.
  • Manfaat Pembuatan Laporan

Manfaat yang dapat diambil dari melakukan refleksi pembelajaran yang dilakukan seorang guru adalah sebagai berikut :

  • Memberikan kesempatan kepada seorang guru untuk melihat kelebihan dan kelemahandalam proses mengajarkan materi kepada peserta didik, apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki;
  • Memberikan masukan kepada diri sendiri untuk meningkatkan kualitas mengajar yangdimiliki agar lebih baik serta memperbaiki kelemahan yang ada:
  • Membantu guru memahami, menguasai dan mencapai kemampuan yang secara psikologis lebih baik, sebagai dasar kualitas dalam proses belajar mengajar.

  • PEMBAHASAN
  • Gambaran Umum/ Deskripsi Isi Laporan

Dalam kegiatan refleksi yang dilakukan guru terhadap implementasi rpp pertemuan pertama, yang telah dilaksanakan pada Jum’at 22 oktober 2021 ada beberapa hal yang di temukan guru pada kasus/ permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran. Berikut ini adalah temuan temuan yang ada/ muncul:

A.tata cara pengisian pada software padled yang kurang optimal

Hal tersebut mengakibatkan Kebanyakan waktu di habiskan dalam mengisi pertanyaan lewat padlet. Pengelolaan waktu yang kurang seimbang antara pendahuluan dan apersepsi, kegiatan inti pembelajaran, serta kegiatan penutup dan evaluasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan