Mohon tunggu...
Muji
Muji Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Saya pengusaha yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Terbukti Sangat Irit, Sepeda Motor Matic Ini 1 Liter Pertamax Bisa Menempuh 56,8 km

28 November 2020   20:30 Diperbarui: 28 November 2020   20:38 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Dulu ada iklan sepeda motor bebek buatan Jepang merk H yang sangat irit dengan mencantumkan 1 liter bahan bakar bisa menempuh 50 kilometer.

Saya membeli sepeda motor bebek tersebut, saya coba dengan kecepatan 40 - 45 km / jam, ternyata 1 liter bahan bakar hanya bisa menempuh 30 kilometer.

Ketika saya service sepeda motor bebek ini, saya tanya ke mekanik mengapa iklan sangat irit tidak sesuai dengan kenyataan.
Mekanik menjelaskan bisa irit dengan syarat saya harus mengendarai sepeda motor ini secara pelan kontinyu 20 km / jam.
Tentu hal ini tidak mungkin saya coba, bila sedang mengejar waktu, kecepatan normal bisa 40 - 50 km / jam.

Sejak sepeda motor matic ramai dipergunakan oleh masyarakat, banyak pengguna sepeda motor yang sebelumnya menggunakan sepeda motor bebek dan sepeda motor kopling, beralih menggunakan sepeda motor matic karena lebih nyaman, tidak usah pindah gigi kopling.

Saya pernah menggunakan sepeda motor matic dari beberapa merk buatan Jepang.
Tapi kelemahannya sepeda motor matic lebih boros penggunaan bahan bakar dibandingkan sepeda motor bebek.

Saya mencoba selama 3 tahun sepeda motor matic merk Y type M, body nya ramping tapi boros, 1 liter Pertamax hanya bisa menempuh 23 km dengan kecepatan normal 40 - 45 km / jam.

Juga saya pernah mencoba selama 2 tahun sepeda motor matic merk H type B, body nya juga ramping tapi boros juga, 1 liter Pertamax hanya bisa menempuh 26 km dengan kecepatan normal 40 - 45 km / jam

Tahun 2015, saya membeli sepeda motor matic yaitu
Honda Spacy
Helm in - AT
PGM - FI
Fuel Injection
Isi Silinder 108 cc
Dengan harga sekitar Rp 14 juta
Body nya lebih besar dibandingkan sepeda motor matic yang sebelumnya saya pergunakan, hampir seperti sepeda motor Honda Vario.

Saya pergunakan sepeda motor Spacy ini sampai sekarang berarti sudah 5 tahun.
Saya sangat puas menggunakan sepeda motor ini, nyaman, dan yang paling saya sukai adalah sangat irit.

Baru-baru ini saya test
Saya isi full Pertamax, speedometer tertera kilometer 72.615.
Kemudian saya pergunakan dengan kecepatan rata-rata 40 - 45 km / jam.
Ketika ampere pengisian bahan bakar sudah mendekati E Empty, di speedometer tertera kilometer 72.855, berarti saya sudah menempuh 240 kilometer.
Saya isi full Pertamax, hanya maximal menampung 4,22 liter Pertamax.

Berarti 240 kilometer : 4,22 liter = 1 liter Pertamax menempuh 56,8 kilometer !
Sangat irit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun