Ekonomi

Langkah Strategis Pemasaran Pasar Klewer di Mancanegara

19 Maret 2018   23:31 Diperbarui: 19 Maret 2018   23:45 734 0 0

Titik Awal Revolusi Pasar Klewer

Hari itu, 27 Desember 2014, merupakan tamparan keras bagi para pedagang di Pasar Klewer. Pasalnya, si jago merah melahap hampir semua kios. Butuh setidaknya 30 mobil pemadam kebakaran untuk 'menjinakkan' api. 

Total kerugian dari kebakaran di salah satu pasar tekstil dengan pendapatan terbesar di Asia Tenggara ini diperkirakan mencapai triliunan rupiah (Arta, 2017). Hangusnya Pasar Klewer tidak meruntuhkan semangat pemerintah untuk mengembangkan salah satu potensi ekonomi dan budaya di Surakarta. Pasar Klewer dibangun kembali dengan pondasi yang baru.

Kini, Pasar Klewer hadir dengan wajah baru yang siap menyapa masyarakat. Pasar yang diresmikan kembali oleh Jokowi pada Hari Kartini ini tampil lebih bersih dan modern. Pasar ini dilengkapi dengan lift dan eskalator. Dengan segala fasilitas yang kekinian, Pasar Klewer siap menjadi tempat mencari nafkah bagi sekitar 1.700 pedagang yang memiliki kios dan 1.000 pedagang di luar kios (Arta, 2017).

Sampai saat ini, Pasar Klewer terkenal sebagai salah satu pusat grosir batik terbesar di Indonesia. Pasar yang dulu dikenal dengan nama Pasar Slompretan adalah tempat yang tepat untuk mencari beragam kain, mulai dari kain sutra sampai kain batik. Jalan-jalan ke Solo tidak akan sempurna jika tidak mampir ke Pasar Klewer dan membawa buah tangan berupa kain batik.

Tidak bisa dimungkiri, Pasar Klewer mendapatkan 'nama' di Indonesia. Siapa yang tidak kenal pasar yang dinyayikan oleh Didi Kempot ini? Tentu, hampir semua orang mengenalnya. Namun, tidak di ranah internasional. Perlu kerja keras untuk mengangkat nama Pasar Klewer ke mancanegara. Persaingan pasar di dunia global begitu ketat, tidak seperti di dalam negeri. 

Diperlukan suatu inovasi untuk bisa menyaingi pasar-pasar dunia yang banyak memanfaatkan teknologi informatika. Di era serba digital ini, pemerintah harus berpikir dan bertindak secara modern. Untuk itu, diperlukan langkah strategis yang memanfaatkan teknologi informatika untuk melejitkan Pasar Klewer di ranah internasional. 

Oleh karena itu, penulis menggagas klewer.id. Klewer.idmerupakan salah satu langkah yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai alat untuk memperkenalkan pasar ini ke dunia.

Klewer.id sebagai Langkah Strategis Pemasaran Pasar Klewer di Mancanegara

Klewer.id adalah sebuah situs jual-beli yang bertujuan untuk mengembangkan Pasar Klewer, baik di tingkat ASEAN, maupun di tingkat global. Klewer.id menawarkan kain-kain kepada pengunjungnya dengan harga yang ditetapkan penjual. 

Tidak seperti pasar modern, pengunjung dapat menawar harga jual kain di klewer.id, sehingga mendapatkan harga yang sama-sama menguntungkan antara pembeli dan penjual. Selain itu, klewer.id juga memaparkan nomor, lantai, dan nama kios untuk setiap barang yang ditawarkan agar pengunjung dapat mendatangi toko secara langsung dan bertransaksi secara langsung.

Fasilitas klewer.id begitu modern. Klewer.id dilengkapi dengan transaksi online yang terpercaya. Tidak cukup dengan itu, situs ini memiliki sistem rating untuk menilai setiap toko dan barang. Bahasa yang digunakan tidak hanya bahasa Inggris dan Indonesia, tetapi juga bahasa internasional lainnya seperti Arab, Tionghoa, Perancis, Rusia, dan Spanyol.

Klewer.id akan mampu meningkatkan pemesanan kain, terutama batik, baik di Indonesia maupun dunia. Dengan demikian, produksi batik pun meningkat. Batik yang merupakan kebudayaan Indonesia pun dikenal, bahkan disukai oleh masyarakat dunia.

Klewer.id sebagaiModus Internasionalisasi Batik

Pasar Klewer memiliki keistimewaan daripada pasar-pasar lain di dunia, yaitu kain batik yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Pasar Klewer merupakan salah satu titik dari perkembangan batik di Indonesia dewasa ini. Pasar ini berpotensi sebagai pusat batik dunia.

Dengan adanya klewer.id yang mampu menjangkau masyarakat internasional, distribusi batik Indonesia akan meluas. Batik yang merupakan salah satu budaya Indonesia pun akan banyak penggemarnya.

Konklusi

Pascabencana kebakaran Pasar Klewer merupakan titik awal kebangkitan kembali raksasa penyedia kain terbesar di Indonesia. Pemerintah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan salah satu sumber ekonomi dan budaya di Surakarta ini. Dengan adanya  klewer.id

Pasar Klewer tidak hanya akan berkembang menjadi distributor batik terbesar di ASEAN, tetapi juga akan melejit di dunia dan berkemungkinan besar menjadi salah satu ikon budaya di dunia.

Klewer.id merupakan 'anak' yang lahir dari percampuran budaya dan modernisasi. Klewer.id adalah sebuah tindakan untuk mengembangkan budaya lokal, yaitu pasar tradisional dan batik. Klewer.id adalah bentuk rasa cinta penulis terhadap budaya Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2