Mohon tunggu...
Muizzu FauzanZain
Muizzu FauzanZain Mohon Tunggu... Editor

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenal Tradisi Grebeg Onje di Purbalingga Kota Ngapak

10 Mei 2020   15:21 Diperbarui: 10 Mei 2020   15:19 1091 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Tradisi Grebeg Onje di Purbalingga Kota Ngapak
bupati.purbalinggakab.go.id

Purbalingga adalah kota yang berada di Jawa Tengah yang berbatasan dengan kabupaten pemalang di sebelah utara,  Kabupaten Banjarnegara di sebelah timur dan selatan, serta Kabupaten Banyumas di sebelah barat dan selatan. 

Tahu gak kenapa pada awal paragraf ini saya menjelaskan dengan detail dimana itu Purbalingga, karena ketika saya berkenalan dengan seseorang kemudian ditanya "asall mana" dan saya menjawab "dari  purbalingga"  spontan dia berkata  "oh  dari Jawa Timur ya..". seketika saya merasa aneh,lalu saya berfikir sejenak dan ternyata di Jawa Timur terdapat kota Probolinggo. Lalu saya menjelaskan lagi bahwa kotanya bersebelahan dengan Purwokerto. Ternyata dia juga  tidak tahu kota purwokerto dia tahunya kota Purwakarta yang berada di jawa Barat. Ternyata untuk menjelaskan Purbalingga ada kata kuncinya.

Mungkin kata kunci ini hanya berlaku di daerah Jawa timur dan kebetulan saya sedang belajar di Jawa Timur, Purbalingga juga lebih dekat dengan Jawa Barat. Kata kuncinya yaitu 'ngapak' dan 'knalpot'. Mengapa kata tersebut dijadikan kata kunci? Pertama karena pubalingga memiliki bahasa keseharian yaitu bahasa ngapak. 

Bahasa ngapak masih sama seperti bahasa jawa seperti biasanya. perbedaanya berada pada huruf vokal antara "a" dan "o" yaitu kalau bahasa jawa kata yang digunakan sering menggunakan huruf "o" dan di bahasa ngapak huruf "a". Contohnya seperti kata "teman" kalau di bahasa jawa yaitu "konco" sedangkan di ngapak "kanca".  purbalingga juga terkenal dengan kota kenalpot. Masyarakat purbalingga banyak yang berprofesi sebagai pembuat kenalpot, sehingga dikenal dengan kota kenalpot.

Jangan lupa jika berkunjung ke Purbalingga ada sesuatu yang wajib kalian nikmati dan akan membuat kalian ingin berkunjung lagi. Pertama yaitu "Mendoan", mendoan merupakan makanan yang terbuat dari tempe tipis  yang diselimuti tepung yang cukup tebal, digoreng setengah matang dan rasanya dijamin nikmat. Kedua yaitu "sroto", sroto adalah nama lain dari makanan soto (orang ngapak menamai soto dengan sroto). Sroto juga agak berbeda dengan soto bisanya. 

Yang membedakan yaitu soto d jawa timur menggunakan nasi kalau sroto menggunakan ketupat, kerupuk yang digunakan juga khas yaitu krupuk yang memiliki paduan merah dan putih bergaris. Kemudian kalo di Jawa Timur kuah sotonya bening, sedangkan sroto kuahnya dikasih smbal kacang, sehingga bumbunya lebih pekat rasanya. 

Ketiga yaitu 'owabong', owabong merupakan tempat wisata kolam renang yang airnya dari pegunungan asli.yang keempat yaitu "desa wisata serang", di sana terdapat kebun strawberry yang terdapat di latar gunug Slamet. Kalian bisa memetik strawberry tersebut dan langsung memakannya, tetapi tidak boleh dibawa puang jadi petik secukupnya saja agar tidak mubazir.

Purbalingga menyimpan  berbagai potensi, di antaranya yaitu wisata, seni dan budaya. Tradisi dan budaya lokal masih banyak ditemui di purbalingga.  Salah satunya yaitu tradisi  yang menarik yaitu "grebeg onje". Grebeg onje adalah salah satu ritual yang dilakukan oleh masyarakat  desa onje menejelang bulan ramadhan. 

Tradisi ini merupakan acara tahunan yang sudah dilakukan 4 tahun terakhir. Tradisi ini menjadi tanda berakhirnya bulan sya'ban dan untuk menyambut bulan ramadan.  Desa onje ini terkenal dengan wisata religinya. Disana terdapat  Makam Adipati Onje yang menjadi tempat ziarah. Desa ini juga memiliki jejak syiar agama Islam di Jawa Tengah bagian barat yang bisa diketahui dengan adanya Masjid Raden Sayyid Kuning,  penyebaran agama Islam yang biasa dikenal dengan Islam Aboge.

Grebeg onje dilaksanakan dalam kurun waktu 3 hari. Pada hari pertama  dilakukan  pembukaan dan kuliner jajan pasar yang dilaksanakan pagi hari dan dilanjut prosesi ziarah kubur, kemudian dilanjutkan napak tilas sejarah onje. Malam hari dilaksnakan tahlil bersama di Pendopo Desa Onje. 

Di hari kedua dilaksanakan ritual pengambilan air dari tujuh sumber mata air yang ada di desa onje. Di sinilah hal yang menarik dari acara grebeg onje, yaitu pengambilan air dari tujuh mata air yang dilakukan oleh tujuh pasangan laki-laki dan perempuan. Meskipun di desa tersebut terdapat banyak mata air, tetapi yang dijadikan sebagai ritual hanya tujuh mata air. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x