Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... Lainnya - -

-

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Inilah Amalan yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

6 April 2022   23:58 Diperbarui: 7 April 2022   00:39 1701 40 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan salat tarawih di Masjid Al-Istiqlal Jakarta (KOMPAS.COM)

Ramadan adalah bulan yang istimewa. Tidak ada amalan dan ritual di bulan-bulan lain yang dilakukan, kecuali di bulan Ramadan ini.

Lantas amalan dan ritual apa saja yang ada dan hanya bisa dilakukan di bulan Ramadan itu?

Puasa Ramadan

Pada bulan Ramadan ini orang Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Berpuasa memiliki hikmah dan faedah yang luar biasa. Tujuan utamanya adalan menjadi orang yang bertakwa.

"Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepada kalian untuk berpuasa sebagaimana (berpuasa itu juga) telah diwajibkan kepada mereka (umat beragama) sebelum kalian. Supaya kalian bertakwa." (Al-Qur'an Surat Al-Baqarah [2] Ayat 183).

Ini ayat yang masyhur dan selalu dilafal oleh para penceramah dan menjadi rujukan setiap kali datang momen bulan Ramadan.

Puasa yang dalam bahasa Arab disebut shaum atau shiyam, yang artinya imsak (menahan). Artinya, bahwa dalam berpuasa itu, kita menahan diri dari makan, minum, hubungan seks, dan hal-hal yang membatalkan (puasa) seharian penuh, dari sejak terbit fajar (waktu subuh) sampai terbenam.matahari (waktu magrib).

Puasa, seperti juga ritual-ritual lain dalam Islam, seperti salat, zakat, haji, dan lain-lain, kerap disebut syariat, yang artinya jalan.

Syariat, seperti juga kata lain dalam bahasa Arab, yaitu sabil, sirat, thariq, minhaj, yang kesemuanya itu berarti jalan.

Oleh karena itu, bisa dipahami, jika puasa dan ritual-ritual lain yang disebut syariat atau jalan, itu pengertiannya secara sederhana adalah sesuatu yang dilalui untuk mencapai satu titik tujuan.

Puasa bukan tujuan, tetapi salah satu jalan atau simbol yang berfungsi untuk suatu tujuan yang mulia, adalah menjadi orang yang bertakwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan