Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... esais

.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Masjid Nurul Bahri, Kenangan Safari Ramadan di Pulau Seribu

30 April 2021   23:27 Diperbarui: 30 April 2021   23:30 575 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Nurul Bahri, Kenangan Safari Ramadan di Pulau Seribu
Masjid Nurul Bahri di Pulau Sabira Kepulauan Seribu (Dok. MUIS SUNARYA)


Lebih dari satu dekade yang lalu, tepatnya tahun 2010, ketika itu saya bertugas di Kepulauan Seribu, ada satu masjid yang menyimpan kisah dan kenangan dalam perjalanan hidup saya.

Masjid ini terletak di Pulau Sabira, salah satu pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta.

Masjid yang pernah saya kunjungi sekali-kalinya saat safari Ramadan 2010 ini bernama "Nurul Bahri" yang artinya "Cahaya Laut" yang berada di Pulau Sabira, satu-satunya pulau terpencil dan terjauh letaknya yang ada Kepulauan Seribu jika ditempuh dari kota Jakarta, bahkan justru lebih dekat ke Lampung atau Bangka Belitung.

Mengenal Lebih Dekat tentang Kepulauan Seribu

Menyebut Kepulauan Seribu tentu yang terbayang adalah hamparan laut dan gugusan pulau. Tetapi jangan salah walaupun disebut "seribu", bukan berarti di Kepulauan Seribu terdapat seribu pulau, atau pulaunya berjumlah seribu. Tidak begitu. Benar, disebut seribu karena pulaunya itu banyak.

Tidak semua pulau berpenduduk atau dihuni warga masyarakat. Hanya ada sebelas pulau yang menjadi pemukiman warga. Sisanya adalah pulau-pulau pribadi, pulau-pulau wisata eksklusif, dan pulau-pulau suaka marga satwa, cagar alam dan cagar budaya.

Dulu Kepulauan Seribu ini adalah salah satu wilayah kecamatan di Kotamadya Jakarta Utara. Sejak tahun 1999, Kepulauan Seribu ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi. Pusat pemerintahannya adalah Pulau Pramuka. Ini berdasarkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Negara RI Jakarta. 

Kepulauan Seribu memiliki dua kecamatan, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Sedangkan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Kelapa, dan Kelurahan Harapan. Saya sendiri bertugas di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara ini.

Tidak semua pulau berpenduduk, atau dihuni warga masyarakat. Hanya ada sebelas pulau yang menjadi pemukiman warga. Sisanya adalah pulau-pulau pribadi, pulau-pulau wisata eksklusif, dan pulau-pulau suaka marga satwa atau cagar alam/budaya.

Kesebelas pulau itu yang termasuk wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan dan Pulau Sabira. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x