Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... esais

Pada bulan Ramadan ini seolah-olah semuanya jadi mendadak religius. Sejatinya itu adalah sebuah realitas positif dan baik. Di situ tampak ada antusiasme keberagamaan yang tinggi dan lebih menggeliat. Dan semoga itu terus terawat.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Bluder Rasa Pecel Madiun, Khalif Tu'raf, dan Viral

27 Januari 2021   17:30 Diperbarui: 29 Januari 2021   21:47 626 50 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bluder Rasa Pecel Madiun, Khalif Tu'raf, dan Viral
Ilustrasi bluder rumahan. (sumber: PIXABAY/CONGERDESIGN via kompas.com)

Bluder itu bukan roti. Hanya mirip roti. Sebangsa roti, mungkin. Agar lebih mudah dipahami, sebut saja seperti itu. Roti bluder.

Bluder, di samping pecel, adalah ikon dan identik dengan kota Madiun. Siapa yang tak kenal pecel Madiun, kuliner maknyus, enak, dan bikin ketagihan, kuliner khas Madiun yang kesohor itu.

Pun, bluder. Ini sudah menjadi oleh-oleh khas kota Madiun. Tidak afdal rasanya, jika jalan-jalan ke Madiun tanpa mencicipi dan membawa oleh-oleh bluder ini.

Banyak brand (merek) bluder Madiun yang sudah lama beroperasi, terkenal, dan viral di masyarakat. Tokonya hampir tak pernah sepi pengunjung dan banyak diburu oleh pembeli.

Ada bluder Madiun yang menarik perhatian publik dan viral saat ini. Adalah bluder dengan rasa pecel khas Madiun. Jadi produk bluder ini adalah hasil kreasi yang menyatukan ciri khas dan ikon kuliner Madiun: Bluder dan pecel khas Madiun dalam satu produk yang takbiasa dan berbeda dengan kebanyakan cita rasa bluder selama ini.

Bluder rasa pecel Madiun ini adalah bluder dengan isi bumbu pecel. Bluder ini tentu saja sengaja dibuat berbeda dengan bluder yang ada selama ini. Bluder melawan arus utama (mainstream). Makanya, wajar saja cepat terkenal dan viral.

Saya jadi ingat pepatah Arab yang sering menjadi trik dan kiat dalam soal promosi dan pemasaran, "khalif tu'raf". Artinya, berbedalah, maka (Anda akan) terkenal (dikenal). 

Jadi, kalau Anda ingin cepat ngetop dan terkenal, berbedalah. Bikin sensasi dan sesuatu yang berbeda dari yang biasa, sehingga menjadi luar hiasa. Terlihat seolah-olah caper, ekstrem, dan keluar dari mainstream (arus utama) tadi. 

Walhasil, Anda menjadi pusat perhatian, out of the box, dan banyak dilirik oleh orang. Anda pokoknya menjadi ngetop dan terkenal. Tapi ingat, berbeda tapi tetap positif. Karena ada yang terkenal, karena yang penting berbeda tapi negatif dan konyol (tidak perlu contoh ini, karena sudah banyak contohnya).

Ilustrasi Bluder / indozone.id
Ilustrasi Bluder / indozone.id
Trik pemasaran dan promosi dengan cara mencari celah yang berbeda dari yang biasa dan kebanyakan itulah yang dilakukan oleh bluder dengan rasa pecel Madiun ini. Akhirnya menjadi produk bluder yang menarik, cepat dikenal oleh publik, viral, dan laris manis.

Bluder itu biasanya berisi cokelat, stroberi, bluberi, keju, nanas, atau pisang. Nah, bluder ini berbeda, bluder berisi (rasa) bumbu pecel Madiun yang terkenal itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x