Mohon tunggu...
Muis Sunarya
Muis Sunarya Mohon Tunggu... esais

.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Barter Tanaman Hias Aroid dengan Rumah Seharga Rp500 Juta

14 Januari 2021   23:23 Diperbarui: 14 Januari 2021   23:39 410 71 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Barter Tanaman Hias Aroid dengan Rumah Seharga Rp500 Juta
Tangkapan layar ketika Hidmat Syamsudin diwawancarai oleh KompasTV/KOMPASTV


Ini bukan hoaks. Jagat tanaman hias 2021 dihebohkan dengan fenomena barter sebuah rumah seharga Rp500 juta dengan 45 tanaman hias jenis aroid.

Peristiwa ini sebenarnya terjadi beberapa hari yang lalu (09/01/2021), tetapi baru viral di linimasa hari ini, sebagaimana dilansir oleh KompasTV (14/01/2021).

Adalah Hidmat Syamsudin, pengusaha properti sekaligus pencinta tanaman hias asal Garut bersedia menukar atau melakukan barter rumahnya seharga Rp500 juta dengan 45 tanaman hias jenis aroid milik Mario, seorang penjual tanaman hias di Sawangan Depok.

Menurut Mario, penjual tanaman hias, bahwa negosiasi barter ini sempat terjadi alot dalam dua minggu ini. Awalnya ia meminta uang saja, tapi Hidmat Syamsudin menawarkan rumahnya yang belum ia tinggali seharga Rp500 juta itu. 

Menurut Hidmat, bahwa itu anggap saja, hitung-hitung sebagai tukar investasi. Akhirnya, terjadilah kesepakatan barter itu.

Prosesi barter rumah seharga Rp500 juta milik Hidmat Syamsudin, pengusaha properti asal Garut dengan tanaman hias milik Mario, penjual tanaman hias dari Sawangan Depok/detiknews.com
Prosesi barter rumah seharga Rp500 juta milik Hidmat Syamsudin, pengusaha properti asal Garut dengan tanaman hias milik Mario, penjual tanaman hias dari Sawangan Depok/detiknews.com

Tanaman hias jenis aroid akhir-akhir ini memang menjadi tren dan banyak dicari oleh pencinta tanaman hias. Dan tampaknya akan terus menjadi tren tanaman hias ke depan, lebih-lebih pada saat masih keadaan kahar pandemi ini. Karena orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. 

Tanamam hias adalah semacam katarsis dan pemuas hobi bagi pencinta tanaman hias. Ada kepuasan batin ketika seseorang menyentuh dan memandang keindaham tanaman hias. 

Namanya juga cinta dan hobi, bebas saja orang mengekspresikannya. Apakah ada yang salah dengan perilaku mereka sebagai pencinta dan hobi pada apa pun, seperti tanaman hias, ikan hias, mengoleksi mobil mewah, motor gede, dan lain-lain itu?

Maksud saya, haruskah kita menganggap dan mengklaim bahwa perilaku mereka itu enggak normal, aneh, irasional, atau itu sejatinya adalah sekadar monkey business saja, misalnya, tidak lebih?

Seperti hebohnya janda bolong, sebutan untuk tanaman hias bernama Latin, Monstera Adansonii Variegata, yang termasuk salah tanaman hias jenis aroid beberapa bulan yang lalu di tahun 202o, adalah fenomena unik dan sering menjadi peristiwa musiman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN