Mohon tunggu...
MUHAMMAD SHOLIKIN. S. Kom
MUHAMMAD SHOLIKIN. S. Kom Mohon Tunggu... Administrasi - Administrator

Hai guys !!! Saya adalah lelaki tampan yang menulis artikel-artikel di bawah ini dari keresahan dan isue saat ini. Selamat membaca !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum Merdeka Butuh Dukungan Manajemen Sekolah dan Dinas Pendidikan untuk Pembelajaran Berkualitas

30 Maret 2023   16:42 Diperbarui: 30 Maret 2023   17:14 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Yo bro! Lu lagi mikirin masalah pendidikan? Gue bisa bantu nih, tentang Kurikulum Merdeka. Lu pasti pernah denger kan tentang Kurikulum 2013? Nah, Kurikulum Merdeka ini adalah pengembangan dari Kurikulum 2013, dan lebih fleksibel lagi.

Jadi, intinya Kurikulum Merdeka ini membuka peluang bagi guru dan sekolah untuk menentukan sendiri metode pembelajaran yang cocok dengan keadaan dan kondisi di sekolahnya. Gak kayak Kurikulum 2013 yang terlalu kaku dan gak bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah.

Gue jadi inget waktu jaman sekolah dulu, gue ngerasa pelajaran itu gak sesuai sama gue. Gue suka belajar dengan metode yang lebih visual dan praktik langsung, tapi waktu itu gue harus duduk di depan buku dan tulisannya. Ya emang gue harus ikutin sih, tapi gue yakin banyak temen-temen gue yang kayak gue juga merasa gak nyaman.

Tapi dengan Kurikulum Merdeka, setiap sekolah bisa menentukan metode pembelajaran yang paling cocok dengan siswa-siswinya. Karena tiap sekolah punya karakteristik dan kondisi yang berbeda-beda kan ya. Misalnya, di sekolah gue dulu yang lebih banyak anak-anak yang seneng praktik langsung, jadi metode pembelajarannya bisa lebih fokus ke praktek langsung. Kalo di sekolah yang lebih banyak anak-anak yang suka baca buku, bisa lebih fokus ke pembacaan dan analisis.

Nah, untuk menerapkan Kurikulum Merdeka ini tentunya dibutuhkan dukungan dari manajemen sekolah dan Dinas Pendidikan setempat. Manajemen sekolah harus bisa mengenali karakteristik sekolah dan siswanya, serta memfasilitasi guru dan siswa dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Kalo Dinas Pendidikan, harus mendukung dengan kebijakan dan program yang mendukung penerapan Kurikulum Merdeka.

Gue juga baca di media sosial, ada sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka ini, dan ternyata sukses banget! Siswa-siswanya lebih semangat belajar, nilai-nilainya juga meningkat. Gue jadi kagum banget deh. Apalagi sekarang di masa pandemi begini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran jadi lebih penting. Dengan Kurikulum Merdeka, tiap sekolah bisa menentukan sendiri metode pembelajaran online yang cocok untuk siswa-siswinya.

Tapi ya gak bisa dipungkiri, ada tantangan juga dalam menerapkan Kurikulum Merdeka ini. Misalnya, masih banyak guru yang belum siap dan belum familiar dengan metode pembelajaran yang lebih fleksibel. Tapi gue yakin dengan dukungan manajemen sekolah dan Dinas Pendidikan yang kuat, masalah ini bisa diatasi.

Jadi, gimana? Gue yakin setiap siswa dan guru pasti ingin pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristiknya kan ya? Kurikulum Merdeka bisa jadi solusinya. Dengan Kurikulum Merdeka, setiap siswa bisa belajar dengan lebih nyaman dan efektif sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kalo metode pembelajarannya sesuai, pasti hasil belajar juga lebih baik kan ya.

Nah, gue juga mau cerita dikit tentang pengalaman gue waktu belajar online selama pandemi ini. Awalnya, gue rada gak nyaman sih. Apalagi gue orangnya agak susah konsentrasi, jadi gak nyaman banget kalo belajar lewat layar laptop. Tapi setelah sekolah gue menerapkan Kurikulum Merdeka dan gue bisa belajar dengan metode yang lebih variatif dan menarik, gue jadi lebih semangat dan hasil belajarnya juga lebih bagus.

Intinya sih, Kurikulum Merdeka ini adalah solusi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan dukungan manajemen sekolah dan Dinas Pendidikan, menerapkan Kurikulum Merdeka bisa menjadi kenyataan dan bisa memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Gue yakin, tiap siswa pasti ingin belajar dengan lebih nyaman dan efektif. Tiap guru juga pasti ingin memberikan pembelajaran yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan karakteristik siswanya. Dan Kurikulum Merdeka ini bisa menjadi solusi untuk itu semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun