Mohon tunggu...
Muhammad Maruf
Muhammad Maruf Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemikir, suka isu ekonomi, teknologi dan reliji

Lahir dari tanah sumatera, sekarang saya merantau di Jakarta. lebih detail cek www.muhruf.com/ email muhruf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cashflow is the King!

21 Agustus 2019   12:27 Diperbarui: 21 Agustus 2019   12:41 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Siapa bilang karyawan tak bisa kaya.

Gaji cuma 10 juta, tapi pengen punya dua Alphard/Fortuner/Innova dalam 4 tahun, bisakah? Bisa, nanti saya jelaskan dan ini bukan omong kosong karena teman saya sudah melakukannya. Kok ini seperti iklan? Ya memang, ini saya sedang mengiklankan diri saya sebagai perekayasa finansial...hehe

Saya mulai dari Kijang Innova dulu, biar gak terlalu tinggi mimpinya. Untuk kategori rental mobil mewah, dia yang paling bawah. Investasi ini sudah familiar, banyak yang sudah tahu, yaitu titip mobil untuk direntalkan. Kalau sudah pernah silahkan skip, atau tambahkan keluh kesah di kolom komentar.

Siapkan uang DP. Ya modalnya uang down payment. Kuncinya menemukan DP dan cicilan rendah, lha iya..semua orang pengen gitu. Anggap saja, DP innova 70 jt, dan cicilan 6.5 jt selama 4 tahun. Belilah pas musim promo atau akhir tahun, pasti akan lebih murah.

Saya tak punya uang segitu! Patungan, carilah kawan, jadi split 35 jt, atau bahkan per 25 jt. Saya tak punya juga! Cairlah pinjaman, ke sodara atau KTA, sisihkan gaji untuk bayar cicilan, paling 1 jtan perbln dalam 3 tahunan. Gak modal besar kan, DP minjem, Innovanya juga minjem.

Sudah dapat estimasi beli mobil, carilah rental mobil, saya rekomendasikan rental Mobil mewah saja. Mengapa? Karena namanya Mobil mewah itu ya jarang dipakai, tapi peminatnya banyak, nggak hanya buat kawinan, atau acara penting tapi sekarang juga buat gengsi. Bukan hoax bukan ngarang, seorang teman pemilik rental pernah cerita, posisi GPS dua alphard yang disewa tak bergerak, ketika ditanya di penyewa bilang keduanya memang cuma buat gaya gayaan karena ada acara temu keluarga. Nah kan...

Oiya, jangan lupa sisihkan dana untuk pasang 2 GPS. Ya dua, biar kalau satu diputus orang, masih ada backup. Cari juga perental yang bertanggungjawab penuh bila ada masalah operasional. Kuncinya, akad perjanjiannya kudu jelas.

Carilah perental mobil mewah yang anda kenal baik reputasinya dan ngasih tingkat imbal hasil (yield) yang tinggi. Kembali ke contoh Innova, yield paling oke berkisar antara 7-8 juta/perbulan. Artinya, kalau cicilan 6.5 jt, ada sisa margin 1.5 jt, dan dikali 48 bulan maka dapat margin kotor 72 jt. Lumayan kan.

Tapi jangan gembira dulu, sisihkan untuk bayar pajak 7 jt x 4 = 28 juta (biasanya perental bebankan pajak ke pemilik kendaraan). Maka sisa margin bersih 44 jt, lumayan kan. Nah setelah mobil lunas, jual mobil itu. Katakanlah jual harga 250 juta, maka untung bersihnya 294 juta. See, modal 28 juta (modal pajak mobil) dalam 4 tahun dapat untung bersih 290an juta. Anggaplah meleset dikit, itu masih dapat seperempat miliar!

Setelah itu, 250 juta dibeliin innova lagi, 2 biji. Maka, setiap bulannya karena DP besar maka cicilan kecil bisa dapet cash flow 15-20 jt.

Hitungan ini riil, sudah dipraktikkan oleh beberapa teman saya. Bahkan, yang saya bilang tadi, teman saya ada yang kredit 2 alphard langsung, padahal sehari hari dia naik KRL. Dia, setiap bulan dapat cash masuk minimal 40 jt. Hebatnya, teman tadi beli pake DP nggak pake tabungannya. Dia pinjem uang koperasi 400 jt, dan memilih skema cicilan yang lebih panjang. Empat tahun lagi, temen saya yang karywan ini akan punya 2 alphard yang kalau dijual kira kira 1.5 M!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun