Mohon tunggu...
Muhimmatul Aliyah
Muhimmatul Aliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Editor

Facebook : https://www.facebook.com/muhimma.mma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Keren! Mahasiswa UM Menciptakan Masker Peel Off Berteknologi Enzim

6 Agustus 2021   11:52 Diperbarui: 6 Agustus 2021   14:18 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar daun bidara ? Sebagian masyarakat mengenal daun bidara sebagai tanaman penangkal sihir dan alat ruqiah saja, bahkan banyak juga yang belum mengenal khasiat yang dimiliki oleh daun bidara. Padahal tanaman ini mengandung banyak manfaat khususnya untuk kesehatan kulit. Mengkaji potensi tersebut maka ketiga mahasiswa UM ini meramu ekstrak daun bidara, cangkang telur, dan getah pepaya menjadi produk Bidara High Calcium and Enzyme Peel Off Mask.

Pada tahun 2020, ide tersebut berawal dari tugas matakuliah studi literatur bioteknologi yang mewajibkan mahasiswa untuk membuat proposal PKM dengan tema eksplorasi biodiversitas SDA Indonesia untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tim PKMK (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan) dari Program Studi Bioteknologi Universitas Negeri Malang (UM) yang beranggotakan Salsabila Kasta Hygiea Iswara (2019), Baiq Feby Zulfiani (2019), dan Muhimmatul Aliyah (2019) berinovasi menciptakan masker wajah berbahan dasar ekstrak daun bidara yang berteknologi enzim yaitu Bidara High Calcium and Enzyme Peel Off Mask.

Ketiga mahasiswa tersebut tidak menyangka bahwa produknya dapat mengantarkan mereka lulus pendanaan PKM 2021. Dibawah bimbingan Dosen Dr. Hj. Evi Susanti, S.Si., M.Si ,mereka menciptakan sebuah masker wajah yang efektif menyembuhkan masalah kulit, praktis, ramah lingkungan, dan aman digunakan.

Dikutip dari berbagai jurnal bahwa pada daun bidara mengandung alkaloid, flavonoid, polifenol, tanin, dan terpenoid. Senyawa fenol dan flavonoid berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan (Servina,2018), sehingga baik untuk proses penyembuhan kulit  berjerawat.  Kandungan mineral pada cangkang kulit telur sangat tinggi kalsium yang berperan untuk regenerasi sel dan mengatur pigmentasi kulit sehingga membuat kulit lebih putih dan cerah. Manfaat lain dari kalsium untuk kulit yaitu membantu mengecilkan pori-pori, mencegah tanda-tanda penuaan, melembabkan kulit, dan mengobati iritasi. Selain itu, pada membran kulit telur terdapat protein berupa kolagen sebesar 10%,  kolagen berfungsi mempertahankan kekencangan kulit (Firdaus,2020). Sedangkan, pada getah pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk mempercepat pengelupasan kulit mati dan merangsang regenerasi pembentukan jaringan kulit baru, sehingga berpotensi untuk mengobati bekas jerawat (Darin,2019). Kombinasi ketiga bahan tersebut memberikan efek positif sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi penggunanya yang dikemas untuk sekali penggunaan.


Saat ini formula tersebut tengah dalam proses pengujian secara in vitro di laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan. "Kami harap produk ini segera launching sehingga konsumen memperoleh pilihan masker peel off untuk penyembuhan permasalahan kulit yang alami, aman dan praktis. " Pungkas Salsa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun