Mohon tunggu...
Din Muhidin
Din Muhidin Mohon Tunggu... Penulis - Motivator

Menulis untuk berbagi informasi, ide atau gagasan. Bertujuan, dapat bermanfaat terhadap sesama. I IG: dinmuhidin10

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pesona Danau Toba Bikin Takjub Dunia

26 September 2021   22:40 Diperbarui: 26 September 2021   22:43 91 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun



''Tak Perlu ku berkelanaJauh-jauh niat keliling duniaLihatlah ke kiri dan kanan
Alangkah indahnya pemandangan
Bagaikan lukisan dari tangan Tuhan
Oh, sungguh Indahnya Indonesia...''

Penggalan lirik lagu di atas milik Band Naff sangat pas mendeskripsikan wonderfull Indonesia. Yakni, Danau Toba. Satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Danau Toba terbentuk dari letusan Gunung Api Toba, sekitar 74 ribu tahun. Luasnya sekitar 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter. Terbesar di Asia Tenggara. Sungguh menakjubkan.

Ke sana, Heritage of Toba, bisa lewat jalur udara maupun darat. Untuk jalur udara bisa dari Bandara Internasional Kualanamu, Medan, menuju Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Siborongborong, Tapanulis Utara. Setelah itu, dilanjutkan jalur darat.

Jalur darat, bisa dari Medan menggunakan bus jurusan Medan - Parapat dengan jarak tempuh sekitar empat jam. Jika ingin lebih santai, bisa menggunakan agen-agen perjalanan, tinggal diantar ke Danau Toba.

Kemudahan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samsori, ini merupakan program MICE di Indonesia Aja atau singkatan (Meeting, Incentive travel, Convenction and Exhibition). Adanya MICE akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setepat, pelaku pariwisata, dan jasa transportasi.

Keindahan alam yang membius hati - pikiran, cerita legenda yang menarik, dan tak lepas dari kebudayaan yang ada di Danau Toba, menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melancong ke Danau Toba.
 
Dijamin pasti akan jatuh cinta. Pesona Danau Toba sangat memukau, negeri indah kepingan surga. Bagi yang pertama kali ke Danau Toba akan dibuat jatuh cinta. Tidak ingat pulang. Sementara yang sudah pernah ke Danau Toba, ingin kembali lagi. Sebab Danau Toba tidak kalah dengan destinasi lainnya di Indonesia maupun di luar negeri. Lebih memukau Danau Toba ketimbang Swiss dan Green Canyon, Amerika Serikat. "Serius Lho!."

Selain menikmati udara yang sejuk - bebas polusi, air yang biru - bening, keindahan alam yang memukau, langit-langit bergambar indah, juga ada spot-spot cantik yang bisa diabadikan. Disimpan di media sosial, Twitter, Facebook, Instagram, bahkan YouTube. Jejak digital tak akan hilang.

Pelancong Danau Toba, bisa berkunjung ke Hutan Ginjang. Di sini, dikelilingi perbukitan dan hutan pinus. Puncak Gunung Pusuk Buhit juga tidak kalah memiliki spot yang bagus. Bagi masyarakat setempat, gunung ini dipercaya sebagai tempat kelahiran Raja Batak. Tak kalah cantiknya spot di Menara Pandang Tele Samosir, di ketinggian 25 meter. Dari sini, terlihat jelas keindahan alam Danau Toba di saat sunrise dan sunset.

Tak hanya sampai di situ saja, kamu bisa melakukan aktivitas keseruan lainnya, yakni merasakan kesegaran air terjun Efrata. Di sini, bisa beranang atau sekadar bersantai di tepi air terjun yang dikelilingi pohon dan asri. Untuk ke air terjun Efrata, ditempuh sekitar 20 kilometer dari pusat kota Kabupaten Samosir.

Keseruan lainnya, bisa mandi di pemandian air panas Sipoholon. Terletak di dekat jalan lintas Medan - Sumatera. Mandi air panas ini, tubuh menjadi lebih segar dan yang memiliki penyakit kulit akan sembuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan