Mohon tunggu...
Muhammad Nur Muhibbuddin
Muhammad Nur Muhibbuddin Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Intuisi dan Masalah Relativitas Akhlak dalam Bingkai Pancasila

3 Maret 2021   03:01 Diperbarui: 3 Maret 2021   03:01 38 0 0 Mohon Tunggu...

intuisi adaalah kemampuan menerima dan memahami suatu konsep yang begitu saja tanpa perantara apapaun, intuisi juga bisa diartikan sebagai ide atau gagasan yang muncul dari seseorang untuk mempertimbangkan keputusan yang akan diambil. selain itu, intuisi merupakan pengambilan keputusan secara cepat. dalam diri manusia intuisi diatur oleh suatu sistem bawah sadar. menurut Webster Dictionary, intuisi adalah kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan langsung atau wawasan langsung tanpa melalui observasi atau penalaran terlebih dulu. Menurut David G. Myers, penulis buku Intuition: Its Power and Perils [2002], pemikiran intuitif itu laiknya persepsi, sekelebat, dan tanpa usaha. 

akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada manusia yang harus dirawat demi kehidupan dirinya yang baik. pendidikan juga merupakan jalan untuk menuju akhak yang baik atau akhlakul karimah. Menurut Imam Ghozali, Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan berbagai macam perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. 

relativitas adalah sebuah keyakinan yang bisa dan pasti berubah, apa yang tidak berubah dinamakkan absolute. kebenaran yang dimaksud relativ adalah tergantung dimana dan kapan kita menggunakan kebenran tersebut

VIDEO PILIHAN