Mohon tunggu...
Muhana Fawwazy Ilyas
Muhana Fawwazy Ilyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Muhana Ilyas (21) is a hard worker who has extraordinary perseverance in carrying out his work. He is considered a "good communicator" by the vice dean for academics, research, and student affairs of Medical Faculty UNS and is acknowledged for his excellent skill in coordinating by the president of the UNS medical student association. Ownership of flexibility/adaptability, communication skills, and willingness to learn. Strong experience in leading people, public speaking, and relationship management.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UNS Berikan 30.000 Dosis Vaksin dan Edukasi Inovatif Covid-19 bagi Para Generasi Z

31 Agustus 2021   20:55 Diperbarui: 31 Agustus 2021   21:27 276 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN UNS Berikan 30.000 Dosis Vaksin dan Edukasi Inovatif Covid-19 bagi Para Generasi Z
(Proses pelaksanaan vaksinasi yang berjalan dengan tertib di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Solo - 30 Agustus 2021. Dalam rangka membantu pemerintah dalam peningkatan cakupan vaksinasi dan pengendalian pandemi COVID-19 di Indonesia. Dua bulan terakhir ini, Kuliah Keja Nyata (KKN) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Surakarta beserta ratusan volunteer dari seluruh fakultas di UNS memberikan 30.000 dosis vaksin COVID-19 kepada mahasiswa dan masyarakat umum serta membuat edukasi inovatif terkait COVID-19 terutama kepada generasi Z di Indonesia dengan musik video edukatif dan juga kuis yang interaktif dan menarik melalui sosial media.

Pada akhir bulan Juni lalu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia telah memasuki gelombang kedua. Hal tersebut ditandai dengan pertambahan kasus terkonfirmasi yang melebihi angka 20.000 orang perharinya, Minggu (27/6). Menghadapi ancaman tersebut, pemerintah Kota Surakarta telah menerapkan beberapa kebijakan seperti langkah pencegahan berupa pelaksanaan kegiatan vaksinasi dengan harapan segera tercapainya herd immunity. Mahasiswa UNS melalui kegiatan KKN bekerjasama dengan Komando Resort Militer 074/Warastratama menyambut dengan baik hal tersebut dengan mengadakan program vaksinasi bagi mahasiswa dan masyarakat umum di Surakarta dengan cakupan vaksinasi sebanyak sekitar 30.000 dosis.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada bulan Juli-Agustus 2021 dengan pihak penyelenggara adalah sebanyak 265 mahasiswa Kedokteran UNS dan 150 volunteer dari seluruh fakultas di UNS. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya mahasiswa saja yang terlibat, melainkan juga berbagai profesi lain seperti: dokter, dokter muda, perawat, tentara, dsb. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk interprofessional collaboration atau kolaborasi antar profesi dan juga pengaplikasian pengetahuan yang telah mahasiswa dapat sebelumnya dalam perkuliahan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang juga masuk dalam salah satu aktivitas berbasis tridharma perguruan tinggi.

Dalam pengadaan kegiatan vaksinasi massal tersebut, kegiatan tentunya dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada dan juga sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme serta respon baik dari mahasiswa dan juga masyarakat setempat. Langkah ini diupayakan dapat menjadi salah satu upaya containment dalam penanganan pandemi. Diharapkan dengan semakin masifnya masyarakat yang tervaksin, segera terbentuknya herd immunity dan Indonesia dapat segera bebas dari pandemi COVID-19.


Selain itu, KKN UNS dalam hal ini melalui KKN Tematik Kemanusiaan FK UNS Kelompok A3 dengan pembimbing dr. Atik Maftuhah, MHPE memberikan sebuah inovasi dalam edukasi terkait COVID-19 khususnya untuk generasi Z yang mana merupakan generasi dengan populasi terbanyak di Indonesia menurut Hasil Sensus Penduduk tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam buku "Gen Z @ Work: How The Next Generation is Transforming the Workplace", disebutkan bahwasanya salah satu karakter utama generasi Z adalah figital yang mana memiliki arti bahwa generasi Z memiliki fisik (tubuh) serta digital (media digital) yang tidak dapat dipisahkan dan KKN UNS memberikan inovasi dalam rangka menjawab tantangan tesebut. Edukasi inovatif tersebut diberikan dengan musik video edukasi bertemakan isolasi mandiri dengan mengadaptasi lagu "Harus Bahagia" oleh Yura Yunita yang diunggah melalui media sosial instagram @vaksinasifkuns.

Tidak hanya melalui musik video edukasi, edukasi inovatif juga diberikan melalui kuis mingguan yang diadakan selama tiga minggu melalui instagram @vaksinasifkuns, yang diikuti oleh lebih dari 3800 pengguna sosial media. Kuis tersebut dilaksanakan sebagai jawaban dari semakin maraknya berita yang beredar di masyarakat yang mana tidak jelas kebenarannya. Kuis tesebut berisikan pertanyaan terkait mitos dan fakta beserta pembahasan dengan sumber yang valid. Dengan adanya kuis ini harapannya dapat mengklarifikasi asumsi terkait COVID-19 dan isolasi mandiri yang beredar di masyarakat serta meningkatkan pemahaman masyarakat terakit hal tersebut.

Di sisi lain, KKN UNS melalui KKN Tematik Kemanusiaan FK UNS juga melakukan program lain seperti: pemberian masker dan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, pendampingan masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, pemberian edukasi terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI),  dsb. Dengan adanya kegiatan-kegiatan diatas, harapannya semakin banyak kegiatan inovatif yang dapat diselenggarakan oleh generasi muda khususnya generasi Z terutama dalam penanggulangan dan peningkatan pemahaman masyarakat terkait pandemi agar dalam penanganan pandemi tidak hanya dibebankan pada pemerintah dan juga tenaga kesehatan. [muh]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan