Mohon tunggu...
Muhammad Zacky Sharlino
Muhammad Zacky Sharlino Mohon Tunggu... email : zackysharlino08@gmail.com

Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Selanjutnya

Tutup

Worklife

My Enemy Is Me, Seni Mengatur Waktu untuk Sukses di Usia Muda (Resensi)

13 Juni 2021   17:25 Diperbarui: 13 Juni 2021   17:30 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
My Enemy Is Me, Seni Mengatur Waktu untuk Sukses di Usia Muda (Resensi)
Foto: Dokumentasi Pribadi

Identitas Buku 

  • * Judul buku                 : My Enemy Is Me : Seni Mengatur Waktu untuk Sukes di Usia Muda
  • * Pengarang                 : Syafii Efendi
  • * Penerbit                     : WR
  • * Tanggal Terbit        : Agustus 2016
  • * ISBN                             : 978-602-6934-33-8
  • * Tebal halaman         : 85 halaman

Isi Ringkas Buku

Buku ini berisi tentang bagaimana strategi dan tips mencapai kesuksesan menurut Syafii Efendi. Menurutnya, kita semua punya kesempatan yang sama untuk menyamai atau melebihi seorang Bill Gates. Hal yang paling fundamental baginya dan mencolok adalah waktu yang ia gunakan begitu bernilai mahal di mata dunia.

Beberapa tips agar dapat mempunyai waktu yang efektif dan dapat mengantarkan kepada pencapaian terbaik yang diinginkan. Tetapi sebelum memulainya, harus mengubah mindset bahwa sukses itu tidaklah instan, tapi membutuhkan proses step by step menuju suatu perbaikan. Diantaranya adalah (1) membuat rencan harian kerja secara detail di waktu malam hari sebelum tidur, (2) buat skala prioritas, (3) tegas menjalankan rencana harian, (4) tunda hal yang kurang penting, (5) jadilah raja tuntas, (6) delegasikanlah tugasmu kepada ahlinya, (7) aturlah gadget, (8) dorong terus dirimu untuk mengalahkan pesaing, (9) kebiasaan "rapi" akan membantu, (10) mendengarkan musik semangat, (11) menjaga keharmonisan dengan orang-orang yang dicintai, (12) tidur siang, (13) istirahatlah ketika waktunya, dan (14) ibadah sebagai pondasi terkuat

Menurutnya, tidak setuju dengan "time is money" karena jika memang benar maka semua orang pasti punya jumlah uang yang sama karena pada dasarnya mempunyai jatah waktu yang sama. Kesuksesan-kesuksesan besar yang diraih oleh banyak orang di usia yang relative muda dewasa ini tidak lepas dari cara mereka mengatur dirinya sebaik mungkin.

 

Kelemahan Buku

Kertas yang digunakan kurang menarik.

Kelebihan Buku

Menjelaskan maksud dan tujuan dari buku secara jelas dan padat. Kalimat yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi

VIDEO PILIHAN