Mohon tunggu...
Muhammad Taufik
Muhammad Taufik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP UHAMKA

Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Selanjutnya

Tutup

Nature

Perubahan Iklim yang Terjadi Karena Perkembangan Teknologi, Sudah Saatnya Kita Menanam Pohon Menggunakan Aplikasi

30 Mei 2022   10:12 Diperbarui: 30 Mei 2022   10:30 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hari terus berjalan, perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat, dan bumi pun semakin menua. Apakah kita sudah berkontribusi untuk menjaga bumi ini?

Kalian sadar atau tidak setiap hari nya kita membuang karbon dioksida yang akan menyebabkan pemanasan global sehingga akan ada terjadinya perubahan iklim, banyak faktor yang membuat pemanasan global, seperti kita setiap hari nya menggunakan transportasi berbasis bensin, banyak Gedung -- Gedung tinggi yang lebih dominan menggunakan kaca yang membuat terjadinya pemanasan global warming, dan juga masih banyak yang lain nya aktivitas manusia yang menimbulkan pemanasan global.

Oleh karena itu kita sebagai manusia yang tinggal dibumi secapatnya sadar terhadap hal ini sudah terjadi dan juga kita telah rasakan seperti cuaca yang sudah tidak bisa di prediksi, suhu panas yang bisa di bilang  cukup parah, dan juga polusi udara yang sangat tercemar.

Dengan teknologi yang semakin canggih kita bisa menanam pohon hanya menggunakan satu aplikasi yaitu Jejak.in. Mungkin Namanya masih sangat asing di dengar apa itu jejak.in. jejak.in adalah platfrom teknologi yang fokus pada lingkungan hidup yang muncul karena aktivitas hidup manusia sehari -- hari yang bersifat kemitraan dan masyarakat jejak.in bisa menghitung karbon dioksida yang dihasilkan oleh masyarakat, masyarakat bisa menggantikannya dengan menanam pohon kembali melalui aplikasi tersebut dengan hanya membayar berapa harga pohon tersebut, cara pembayarannya bisa melalui aplikasi dari jejak.in langsung atau dari aplikasi mitra yang sudah bekerja sama dengan jejak.in itu sendiri. Seperti Gojek, Mrt-J.

"Pada era dimana kita semua dapat berkolaborasi secara positif melalui teknologi, jejak.in memanfaatkan peluang ini untuk mengajak siapa saja, baik perorangan maupun organisasi dan perusahaan, untuk terlibat dalam pengimbangan karbon. Partisipasi ini dapat dilakukan sederhana dengan menghitung jumlah jejak karbon yang kita hasilkan dari aktivitas sehari-hari, dan mengimbanginya dengan adobsi pohon serta kredit karbon. Di jejak.in, kami menghadirkan kalkulator karbon dan carbon offset marketplace untuk memungkinkan partisipasi tersebut dari mana saja dan kapan saja. Yang setiap orang butuhkan hanyalah device." Ucap Arfan Arlanda selaku CEO dan Pendiri Jejak.in dari website news.microsoft.com

Sudah cukup banyak yang mendukung jejak.in ini seperti Gojek, Mrt-Jakarta, lindungihutan, Aqua, Microsoft, Green Enviro Resources, One Tree Planted. Untuk memudahkan masyarakat berpartisipasi untuk mengimbangi karbon. Dan menjaga bumi ini melalui solusi berbasis teknologi.

Dengan teknologi semakin berkembang untuk memudahkan kita mengakses kemana saja oleh karena itu kita sebagai manusia secepetnya sadar untuk menjaga bumi ini jangan sampai kita mengabaikan hal ini, karena jika kita mengabaikan hal ini yang akan terkena dampaknya ke kita sendiri.

"Aplikasi ini sangat membantu saya, untuk menghitung berapa zat karbon yang saya telah keluarkan setiap hari nya, dan juga membantu saya untuk menanam pohon dikarenakan di daerah rumah saya sudah tidak ada lagi lahan kosong untuk menanam pohon dan juga dengan kesibukan saya tidak bisa merawat tanaman supaya tanaman itu tumbuh" ucap Faisal selaku Mahasiswa pengguna aplikasi tersebut.

Perubahan iklim merupakan persoalan yang sangat nyata dan berpengaruh terhadap bumi. Bumi adalah rumah kita meskipun kita adalah masalahnya, namun kita juga dapat menjadi solusinya. Mari kita Bersama -- sama untuk menjaga dan lestarikan lingkungan supaya kita masih bisa hidup dengan udara yang bersih dan juga sehat. Akses teknologi sudah di sediakan tinggal masyarakatnya yang harus sadar akan perubahan.

#Tulisan Ini Diikut Sertakan Ke Lomba Creation HimaKum Uhamka 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun