Mohon tunggu...
Muhammad Taqy Wardhana
Muhammad Taqy Wardhana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Haii , Assalamualaikum semua sobat reader

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Makro dan Ruang Lingkupnya

30 Juli 2022   00:54 Diperbarui: 30 Juli 2022   01:00 82 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikummm... Halo sobat reader Ekonom

Kali ini kita akan membahas tentang Kebijakan Fiskal dalam ekonomi makro dan ruang lingkupnya

  Sebelumnya, apa itu Ekonomi Makro? Sesuai dengan namanya, Ekonomi Makro mempelajari ekonomi secara keseluruhan. Studi ekonomi ini khusus belajar tentang ekonomi dalam skala besar dan menyeluruh. Menurut salah satu pakar ekonomi :

  • Menurut Sadono Sukirno mendefinisikan ekonomi makro (macroeconomics) sebagai sebuah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan utama perekonomian secara komprehensif atau menyeluruh terhadap berbagai masalah pertumbuhan ekonomi.

Karena itulah, Ekonomi Makro sering dipakai sebagai instrumen untuk melakukan analisa dan merancang serangkaian target kebijakan yang berkaitan dengan inflasi, tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi, dan keseimbangan neraca pembayaran yang berkelanjutan

Kebijakan fiskal dalam sistem ekonomi islam

Dalam  suatu negara atau Perekonomian makro maka perekonomian tersebut dibangun diatas 2 sektor:

  • Sektor Moneter (keuangan)
  • Sektor Riil atau nyata

       Yang pertama Sektor keuangan, sektor keuangan adalah sektor yg berhubungan dengan arus keuangan atau jumlah uang beredar di masyarakat. Sehingga, kebijakan sector keungan ini ditujukan untuk mengatur jumlah uang yg beredar di masyarakat supaya tidak terlalu banyak maupun tidak sedikit sehingga nilai mata uang negara tersebut bisa stabil.

Nah kemudian yg ke 2 itu..

Sektor riil atau nyata, yaitu sector yg berhubungan langsung dengan kegiatan ekonomi masyarakat, yang dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat  secara langsung , sehingga bisa dijadikan tolak ukur dalam pertumbuhan ekonomi.

Nah, selanjutnya apa itu kebijakan fiskal? Kebijakan fiskal adalah kebijakan ekonomi yg digunakan pemerintah untuk mengelola perekonomian, untuk mencapai kondisi yg lebih baik dengan cara mengatur penerimaan dan pengeluaran suatu negara.

Salah satu instrument terpenting itu adalah dengan melalui pengaturan APBN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan