Mohon tunggu...
Muhammad Saleh
Muhammad Saleh Mohon Tunggu... Saya adalah Seorang Programmer lulusan dari Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung 2020.

Saya adalah seorang Programmer. Saya terlahir pada 5 Agustus 1998 di Bandar Lampung. Saya memiliki Hobi menulis, membaca, bermain komputer, berdagang, dan berolahraga. Saya ialah lulusan dari Universitas Lampung Jurusan Ilmu Komputer pada tahun 2020. Motto saya ingin menjadi orang yang sukses dibidang komputer yang bisa membahagiakan dan berguna bagi keluarga dan masyarakat luas.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Berperilaku Cerdas di Tengah Ketidakpastian

30 Juni 2020   18:00 Diperbarui: 30 Juni 2020   18:01 52 2 0 Mohon Tunggu...

Adanya wabah Covid-19 ini memang membuat khawatir para pelaku ekonomi khususnya Para investor terhadap ketidakpastian ekonomi akibat konflik yang tercermin dari indeks pasar modal di belahan dunia yang turun tajam. Dalam menghadapi wabah korona perlu melakukan kebijakan counter vital yang kuat. Kuat dalam artian yang tidak tanggung-tanggung karena memang yang dihadapi adalah peristiwa perekonomian yang luar biasa. Secara tiba-tiba roda perekonomian terhenti di dalam maupun di luar negeri.  Untuk itu kita perlu hadapi persoalan ini dengan kepala dingin.

Karena adanya wabah covid-19 ini banyak karyawan yang mengalami pemutusan kerja karena kondisi ekonomi yang tidak stabil. Seorang yang mengalami krisis keuangan dapat berakibat kehilangan kepercayaan dan kontrol diri yang kurang stabil. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya stres. Stres dapat mempengaruhi menurunnya daya tahan tubuh, sementara di tengah pandemi sekarang ini imun yang baik justru sangat dibutuhkan. Jika mengalami krisis keunagan yang sedang terjadi dalam keluarga, jangan khawatir.  Kita dapat melakukan tips-tips di bawah ini :

1. Mengatur Ulang Keuangan

Krisis keuangan yang terjadi tidak dapat diselesaikan dalam semalam.  Apabila keuangan kita terasa menghawatirkan Maka segeralah untuk mengatur ulang biaya pengeluaran untuk keperluan sehari-hari. Biaya tersebut harus disesuaikan dengan uang yang masih dimiliki saat ini.

2. Ambil Tindakan yang Memadai

Terlepas dari situasi keuangan, penting untuk mengambil tindakan segera. Misalkan dengan mempertimbangkan untuk menjual beberapa barang yang yang jarang digunakan.

3. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Jikalau kita masih menggunakan kartu kredit kita dapat menghentikannya untuk sementara waktu, Mengapa? Karena hal ini berguna agar tak terjebak pada tagihan hutang di kemudian hari. Walaupun itu bukan solusi permanen setidaknya itu akan memberikan waktu bagi kita untuk memikirkan pilihan yang lebih baik untuk keluar dari krisis keuangan yang sedang terjadi.

4.   Rencana yang strategis

Dapat mengatur uang yang kita keluarkan, tetapi sebagian uang tersebut harus kita tabung. Karena kita harus menghemat pengeluaran. Tetapi jangan lupa pula untuk menyisihkan sebagian uang kita untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan.

5.  Melakukan pinjaman di waktu genting

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x