Mohon tunggu...
Muhammad RizqulAdhim
Muhammad RizqulAdhim Mohon Tunggu... Operator - Operator

Seng Reti Namung Gusti....!!!!!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Dukung Kemajuan UMKM di Indonesia: Terobosan Usaha Isi Ulang Air Rebus agar Menjadi Seorang Wirausaha yang Tumbuh dan Tangguh

6 Desember 2022   11:30 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:30 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kita sebagai Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan istilah UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan menengah, UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. Dalam menjalankan UMKM para pelaku UMKM hendaknya sadar akan pentingnya beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang begitu cepat seiring berkembangnya zaman membuat kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Dalam merespon akan perubahan tersebut diperlukan pemikiran kreatif dan inovasi terhadap bisnis yang dijalankan.

Oleh sebab itu Peran kreativitas dan inovasi sangatlah penting dan menjadi kunci dalam pengembangan berwirausaha karena untuk menjawab permasalahan yang ada, mengubah suatu masalah menjadi pemikiran yang cemerlang, hadirnya terobosan-terobosan baru/jalan Alternatif, serta mampu mengubah keterbatasan yang ada, sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.

HUT127BRI Sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan UMKM di desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo , Kabupaten Jepara, saya menciptakan peluang Usaha beda dari yang lain, jadi dengan perbedaan itu bisa menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan juga inovatif. Kegiatan tersebut memberi contoh semangat kepada masyarakat semua bagaimana cara menjadi seorang wirausaha yang kreatif dan juga inovatif mulai dari penentuan target pasar, strategi pemasaran, evaluasi harga dan juga sistem pembayaran yang efektif saat ini.

Usaha ini juga dilakukan lantaran kebanyakan para pelaku UMKM di Bandungharjo menggunakan mesin isi ulang air seperti umumnya, sehingga bisnis mereka kurang begitu berkembang terhadap perubahan lingkungan. Sehingga dengan adanya terobosan usaha air rebus ini diharapkan masyarakat yang berada di Desa Bandungharjo kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara dapat memanfaatkan usaha itu dan pengetahuan tersebut dengan sebaik mungkin dalam membangun bisnis mereka. Besar harapan pula usaha ini dapat berdampak positif terhadap aktivitas bisnis para pelaku UMKM di Bandungharjo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun