Mohon tunggu...
Muhammad Riyan
Muhammad Riyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Habi traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosiologi Pariwisata

19 September 2022   12:52 Diperbarui: 19 September 2022   13:14 152 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosiologi merupakan ilmu sosial  yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia ,  sedangkan pariwisata adalah suatu perjalanan dari satu tempat ketempat yang lain dengan tujuan bersenang-senang yang bersifat sementara dan tidak melibatkan sebuahh pekerjaan. 

Secara umum sosiologi pariwisata merupakan studi tentang individu dan masyarakat, organisasi dan lembaga sosial yang berhubungan dengan layanan kebutuhan perjalanan wisata bagi wisatawan dan kegiatan kepariwisataan.

Adapula  sosiologi pariwisata menurut pitana (2008) adalah kajian tentang kepariwisataan dengan menggunakan perspektif sosiologi yaitu penerapan prisip, konsep, hukum, paradigma dan metode sosiologi didalam mengkaji masyarakat dan fenomena pariwisata , untuk selanjutnya berusaha mengembangkan abstarksi-abstraksi yang mengarah kepada pengembangan teori.

Salah satu pengalaman yang akan kami bagikan adalah berkunjung ke kota Yogyakarta  kota ini dijuluki kota pelajar karena banyaknya pusat pendidikan dikota ini , pengalaman ini sangat menyenangkan sekali karena saya(riyan) bisa berwisata ke kota Yogyakarta lebih tepatnya  mengunjungi pantai widodori dan menginap disalah satu penginapan yang bisa disebut homestay.

Saat disana saya(riyan) senang karena bisa bersosialisasi dengan penduduk setempat untuk menanyakan bagaimana keaadan lingkungan disekitar sini. Ternyata keaadan penduduk setempat masi jauh dengan lingkungan perkotaan, masih ada sebagian penduduk yang bertani atau becocok tanam , dan bertenak. 

Masih ada juga penduduk yang  menggunakan alat masak tradisional dengan cara memasak mengunakaan kayu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan