Mohon tunggu...
Muhammad Rinaldi
Muhammad Rinaldi Mohon Tunggu... Juru Tulis

Bercerita dengan bumbu komedi yang tidak menghibur.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Potensi Bundesliga Berlanjut Awal Mei

19 April 2020   17:04 Diperbarui: 19 April 2020   17:11 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Potensi Bundesliga Berlanjut Awal Mei
koleksi pribadi

Di awal pekan ini, beberapa tim seperti Bayern dan Leverkusen sudah mulai berlatih walaupun dipisah dalam beberapa grup kecil. Selain itu DFB sebagai induk yang mengurusi sepakbola Jerman juga mulai memberi sinyal bahwa Bundesliga mungkin akan kembali dilanjutkan dalam beberapa pekan mendatang.

Dalam berbagai sumber berita menyebutkan bahwa DFB mencoba mencari beberapa alternatif solusi untuk Bundesliga musim ini, diantaranya adalah

1. Melanjutkan Bundesliga ketika pandemi ini sudah berakhir

2. Memberhentikan liga dengan tetap memberikan gelar juara dari klasemen akhir, begitupun dengan tim yang lolos ke liga champion dan tim yang degradasi.

3. Memberhentikan liga tanpa memberikan gelar juara, dengan begitu hasil liga musim ini akan diabaikan, namun tetap 2 tim dari Bundesliga 2 akan promosi ke liga utama. 

4. Melanjutkan Bundesliga dengan tanpa penonton

Walaupun sempat tertunda, namun DFB sejatinya sudah mengagendakan pertemuan antar klub Bundesliga dan Bundesliga 2. Dalam bahasannya mereka akan memutuskan bersama tentang rencana kembali bergulirnya Bundesliga yang sempat ditunda sejak bulan februari. 

Pada tanggal 24 april nanti, keputusan akan diumumkan, namun sudah ada sinyal dari beberapa klub Bundesliga yang mulai bersiap diri. Adapun apabila Bundesliga tetap dilanjutkan maka haruslah dilakukan dengan tanpa penonton, hal ini merujuk pada aturan pemerintah Jerman yang masih melarang agenda yang bersifat keramaian hingga akhir agustus. Toh walaupun begitu, bisa jadi klub klub akan tetap menerima karena saat ini mereka juga butuh pemasukan dari hak siar.

Dibandingkan dengan liga lain, Bundesliga tinggal menyisakan 9 pertandingan lain untuk masing masing tim, artinya jika dilanjutkan dengan format sekali seminggu, maka butuh 2 bulan hingga selesai. Adapun turnamen DFB Pokal sudah memasuki babak semifinal dan hanya tinggal memainkan 3 partai lagi (termasuk final). 

Tentu saja ini menjadi keputusan yang sulit bagi klub klub Bundesliga, walaupun mereka kehilangan pemasukan dari tiket penonton, tapi itu lebih baik ketimbang tidak ada pertandingan sama sekali. Klub-klub sudah mulai mengurangi gaji pemain untuk tetap dapat menjalankan operasional seperti biasa dan pembayaran hak siar menjadi opsi paling menguntungkan untuk mereka saat ini. 

Apapun keputusannya, kita berharap pandemi korona ini segera berakhir, agar bukan hanya sepakbola yang kembali normal, tapi juga seluruh aktivitas lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x