Mohon tunggu...
Muhammad Reza Santirta
Muhammad Reza Santirta Mohon Tunggu... Penulis

Menulis adalah seni

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Morris Garage, Blasteran Inggris dan China yang Diluncurkan di Tengah Wabah Covid-19

28 Maret 2020   14:35 Diperbarui: 28 Maret 2020   14:52 62 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Morris Garage, Blasteran Inggris dan China yang Diluncurkan di Tengah Wabah Covid-19
Mobil Morris Garage ZS | mg.co.uk

Mobil murah tentu menjadi dambaan siapa saja. Apalagi, munculnya Compact SUV ini menggugah rasa penasaran warga Indonesia di tengah merebaknya virus Corona yang mengguncang pasaran otomotif dunia. Harga mobil ini termurah dibanding LSUV lainnya sehingga dapat meningkatkan prospek keuntungan. 

Adapun kemunculannya, mobil MG ZS ini dihadirkan oleh PT. Morris Garage Indonesia melalui pameran virtual karena pandemi virus Corona. Penonton bisa melihatnya secara live di media sosial MG Motor Indonesia seperti Youtube, Facebook, dan Instagram.

Mobil ini merupakan hasil kerjasama gabungan antara Motor Garage Inggris dan SAIC Motor Indonesia dengan pabrik pembuatan di Thailand. Mereka telah menunjuk Eurokars Group sebagai dealer resmi MG di Indonesia. 

Setelah penandatanganan kerjasama pada 11 Desember 2019, sehari berselang, MG Motor Indonesia membuka 2 ruang pameran digital baru Eurokars di Lippo Mall Puri dan The Breeze BSD City. Menurut Mr. Herbert Kwee selaku CEO Eurokars Group Indonesia, pameran digital itu menerapkan virtual experience 360. 

Teknologi virtual itu memiliki kemampuan memvisualkan setiap konfigurasi yang tersedia untuk memberikan pengalaman visual yang menarik, unik, dan imersif malalui perangkat yang canggih dan sangat interaktif. Hal itu memungkinkan pelanggan mengetahui berbagai macam model tanpa harus melihat langsung. 

Merunut sejarah, Morris Garage, merupakan merek pabrikan otomotif asal Longbridge di Inggris. Morris Garage didirikan oleh Cecil Kimber pada tahun 1924. Awalnya, MG Motor memproduksi mobil sportcar, saloons, dan coupe. 

Morris Garage sempat berganti kepemilikan. Mulai dari M.G. Car Company Limited pada tahun 1930-1952, British Motor Corporation pada 1952-1967, British Motor Holdings tahun 1967-1968, British Leyland pada 1968-1990, Austin Rover pada 1990-1992, Rover Group pada 1992-2000, hingga MG Rover Group pada 2000-2006. 

Morris Garage sempat mengalami kerugian pada tahun 2005. Selang 1 tahun kemudian, MG Motor UK dibeli dan diakuisisi oleh Nanjing Automobile senilai US$ 97 juta. Tahun 2019, MG Motor UK dimiliki oleh investor China, Shanghai Automobile International Corporation (SAIC) yang juga mempunyai kepemilikan saham di PT. Wuling Motors Indonesia. 

Tampilan Fisik MG ZS

Tampak depan | wikipedia.org
Tampak depan | wikipedia.org
Desain mobil MG ZS ini berbodi monocoque dan menerapkan sistem desain Brit Dynamic. Karena merupakan merek dari Inggris, maka penerapan desainnya telah sesuai standar seperti handling presisi, mesin bertenaga, serta keselamatan yang sudah diperhitungkan. 

MG ZS didesain dengan menerapkan bentuk yang teliti dari standar UK Technical Centre. Salah satu kunci utama desain MG ZS adalah penerapannya pada bodi yang diperbesar, gril yang lebar, dan mesin yang disesuaikan dengan roda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN