Mohon tunggu...
Muhammad Reza Santirta
Muhammad Reza Santirta Mohon Tunggu... Penulis

Menulis adalah seni

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Digital Modifikasi Menjadi Tren di Era Milenium

11 Februari 2020   15:13 Diperbarui: 11 Februari 2020   16:08 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Digital Modifikasi Menjadi Tren di Era Milenium
igfarpramarizki.wordpress.com | Contoh Digital Modifikasi sebuah mobil di Adobe Photoshop

Apresiasi pemerintah terkait desain otomotif di Indonesia mulai diperhatikan. Seni yang memadukan kebebasan dan imajinasi dalam memodifikasi mobil menjadi keterampilan yang kini digeluti. Hal itu dapat terlihat dari adanya perlombaan Digital Modifikasi yang digelar oleh beberapa perusahaan otomotif.

Perusahaan banyak menyasar kaum muda untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membuat modifikasi mobil. Hal ini akan sangat mudah bagi para kontestan untuk meraih kemenangan apabila mampu mengembangkan passion mereka.

indonesianmotorshow.com | Para pemenang kontes Digital Modifikasi All New Ertiga 2018 di IIMS 2019
indonesianmotorshow.com | Para pemenang kontes Digital Modifikasi All New Ertiga 2018 di IIMS 2019
Berkaitan dengan lomba ini, tentu saja seni yang dikembangkan bukan sekedar imajinasi dengan mengedepankan daya estetika. Melainkan, ada kemampuan berupa ilmu pengetahuan tentang mesin, komponen kendaraan, ergonomi, maupun nilai guna yang dapat mendukung prospek bisnis.

Mereka juga harus memiliki kemampuan dalam menggunakan tools yang dapat memberikan visualisasi objek sesuai dengan gambar mobil aslinya. Hal inilah yang menjadi nilai plus dalam hal kreativitas.

Untuk yang hobi desain mobil, tentu bisa belajar dari kanal Youtube The Sketch Monkey. Bagaimana cara mengoperasikan Adobe Photoshop untuk sketsa maupun manipulasi gambar dapat menjadi sarana pendukung untuk meningkatkan ilmu di bidang desain otomotif.

suzuki.co.id | Salah satu hasil Digital Modifikasi All New Ertiga 2018
suzuki.co.id | Salah satu hasil Digital Modifikasi All New Ertiga 2018
Mungkin penulis masih baru belajar untuk membuat digital sketching. Namun, penulis tertarik belajar modelling otomotf. Hal ini dikarenakan ketertarikan penulis terhadap seni dalam menggambar mobil.

Tools yang digunakan dalam modelling ini sesuai dengan penggunaannya dalam digital modifikasi yaitu Adobe Photoshop (meskipun ada juga program sketsa seperti Autodesk Sketchbook). Menurut penulis, hal itu dikarenakan adanya tools yang mendukung manipulasi gambar dan sketsa yang mampu menghasilkan gambar menjadi realis.

Tentu saja, desainer harus menguasai teknik rendering agar menghasilkan gambar yang lebih tajam. Namun untuk dasarnya, diperlukan penguasaan dalam body shaping dengan pengolahan garis dan brushing untuk memperindah efek bayangan. Kemudian, pengetahuan dalam penggabungan dari beberapa objek.

Selain pengetahuan teknis, kemampuan dalam ekspresi seni juga penting dikuasai. Mereka harus mampu mengolah daya kreativitas untuk menghasilkan gambar yang menarik. Mereka harus memahami konsep modifikasi yang diinginkan sesuai tujuan mendesain. Apakah mengusung tema sporty, racing, elegant, extream, maupun off road yang tentu disesuaikan dengan citra seninya.

nmaa.co.id | Digital Modifikasi Kia Seltos
nmaa.co.id | Digital Modifikasi Kia Seltos
Terakhir dan yang tak kalah banget pentingnya adalah pengetahuan tentang komponen mesin. Pendesain harus mampu mengetahui komponen mesin untuk menyesuikan gaya modifikasi yang diinginkan. Jika ingin membuat modifikasi mobil gaya off road, tentu daya mesinnya harus lebih ditingkatkan. Begitu juga dengan gaya modifikasi yang lain.

Belum lagi ditambah munculnya tren mobil listrik. Tentu, sudah banyak mobil di era ini yang sudah menggunakan teknologi listrik meskipun hanya plug in hybrid. Contohnya bisa dilihat pada mobil Toyota Prius. Tentu saja, penguasaan mesin listrik dan teknik modifikasinya penting untuk dikuasai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN