Mohon tunggu...
MUHAMMAD RAYHAN KRISMANTO
MUHAMMAD RAYHAN KRISMANTO Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

PELAJAR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 9

10 Desember 2022   16:34 Diperbarui: 10 Desember 2022   16:42 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pra Geladi

Untuk mengikuti kegiatan geladi Hominisasi, ada beberapa tugas yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Yang pertama, menyimak Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 Stanza. Saya memilih syair :

Slamatlah rakyatnya, S'lamatlah putranya, Pulaunya, lautnya, semuanya. Hal menarik dari syair ini dimana di lagu ini mendoakan semua rakyat indonesia dan seisi isinya mulai dari sumberdaya alam dan kebudayaan nya, yang mana doa ini mampu memperkuat nilai kebangsaan dan rasa cinta terhadap bangsa ini yang kaya akan segalanya sehingga kekayaan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk rakyat nya dengan cara yang baik dan memperhatikan adat istiadat untuk memanfaatkan nya sehingga tidak merusak yang ada di bangsa ini dan membuat semua nya hidup dalam kedamaian dan ketentraman.

Lalu yang kedua, kami menyimak satu film dokumenter dan menyebutkan tindakan konkret sebagai anak muda tentang mempertahankan budaya dan ketahanan pangan. Disini saya memilih Video pendek dari channel asumsi yaitu Distrik: Buah Manis Jaga Kekayaan Leluhur Suku Baduy 1. Hal menarik dari video yang saya lihat masyarakat adat baduy sangat hebat untuk menjaga kultur nya agar tidak rusak oleh kemajuan zaman, dimana cara menjaga nya masyarakat baduy mulai dari diri sendiri atas kesadaran hati nurani dari masing-masing individu yang ada di baduy, ketika mereka keluar dimana banyak godaan untuk mencoba hal-hal baru mereka tetap di roots budaya mereka agar budaya mereka tidak luntur dan termakan zaman.

 Hari-H

Pada saat hari-h, kita terbagi menjadi beberapa kelompok dan dikumpulkan di dalam beberapa break out rooms. Sebelumnya kita sudah mendapat berbagai topik, saya mendapatkan topik tentang "Hari Toleransi Internasional. Di sana kita didorong untuk saling bekerja sama selama beberapa menit dan hasilnya akan dipresentasikan. Saat menyusun presentasi saya dan teman saya di breakout room di tantang untung membuat presentasi yang hanya memiliki waktu 40 menit dan membangun kekompakan untuk presentasi. Hal paling menantang nya adalah teman di breakout room ini kita belum saling mengenal satu sama lain sehingga aga susah untuk membangun kekompakan.

 Refleksi

Pendapat saya tentang geladi ini sangat asik dan menantang, karena pada acara ini kita berpacu dalam waktu untuk berpikir kreatif dan kritis, lalu juga membangun chemistry dalam waktu dekat itu cukup sulit. syukur saja acara yang saya ikuti berjalan dengan lancar.

 Kemampuan Menggunakan Logika dan Bahasa

Setelah mengikuti kegiatan geladi ini pandangan saya lebih terbuka. mengapa begitu karena menurut saya setiap masyarakat indonesia harus mampu menggunakan logika nya dengan baik karena berbicara dalam bahasa harus mulai dari logika berpikir yang baik agar ketika berbicara bahasa keluar dengan baik dan benar.

 Manfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun