Mohon tunggu...
Muhammad Rasyid Ridlo
Muhammad Rasyid Ridlo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bisnis Toko Sembako yang Digemari Oleh Masyarakat

27 Januari 2023   22:35 Diperbarui: 27 Januari 2023   23:05 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Toko sembako adalah sebuah usaha  yang menjual berbagai kebutuhan pokok sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir, garam, dan aneka kebutuhan bahan pokok lainnya.

      Toko sembako merupakan salah satu usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan sebagai usaha kecil bagi pemula yang ingin mencoba berbisnis. Namun usaha ini banyak digemari oleh banyak orang sehingga persaingannya cukup ketat.

     Dalam persaingan yang cukup ketat ini maka toko sembako harus mampu bersaing dengan toko retail atau usaha retail yang semakin marak dilingkungan pemukiman padat penduduk.

     Toko sembako lima-lima berdiri sejak tahun 2000an hingga saat ini, toko sembako lima-lima terletak di daerah Kota Cirebon lebih tepatnya berada di pasar kanoman blok  D8 No. 1,2,3. Toko sembako lima-lima ini  buka dari pagi sampai sore hari. Ada satu kendala yang dirasakan yaitu kurangnya tenaga kerja dikarenakan banyaknya minat pembeli.

     Untuk omset dari toko sembako lima-lima ini bisa merauk omset sampai dengan 5 juta perhari, namun saat hari hari tertentu misalnya Ramadhan omset dari bisnis toko sembako ini bisa naik sampai dengan 2 kali lipat dari pada hari biasanya.

     Untuk harga di toko sembako ini terjangkau  seperti gula pasir dengan harga RP. 15.000 rb / Kg, minyak goreng Rp. 17.000 / kg, beras Rp. 12.000 – 19.000/ kg, telur Rp. 28.000/ kg,dan masih banyak lagi barang yang di jual dengan harga grosir di toko lima-lima ini.

     Untuk persediaan barang di toko lima-lima ini biasanya menstok atau membeli barang dagangan nya lagi setiap  persediaanya mulai menipis dan barang yang di jual di toko lima-lima ini selalu terjaga kualitas nya dengan baik.

     Untuk strategi penjualan atau promosi di toko sembako lima-lima ini menggunakan cara menetapkan harga yang terjangkau untuk memuasakan para pelanggan supaya menjadi pelanggan tetap dan datang kembali ke toko sembako lima-lima.

Disusun oleh:

Siska Ernawati Fatimah, SE., MM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun