Mohon tunggu...
Muhammad Rajabbani Muttaqin
Muhammad Rajabbani Muttaqin Mohon Tunggu... Penulis Pemula

Penulis pemula, penonton Sepak Bola dan Insyaallah akan menyandang gelar S. Pd.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sisi Lain dari Pemadaman Listrik di Beberapa Wilayah Pulau Jawa

5 Agustus 2019   01:27 Diperbarui: 5 Agustus 2019   01:43 245 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Lain dari Pemadaman Listrik di Beberapa Wilayah Pulau Jawa
Ilustrasi, sumber: Dokpri

Beberapa wilayah di sebagian Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik saat hari rabu (31/07/2019) hari ini kembali terjadi mati listrik saat saya sedang menulis ulasan ini.

Saya pikir ini hanya pemadaman listrik yang memang biasa terjadi dalam skala yang sangat sebentar sekali, biasanya listrik mati hanya tak sampai 1 jam, namun justru saat rabu kemarin pemadaman listrik berlangsung cukup lama berlangsung dari pagi sekitar pukul 10 sampai sore pukul 17.00 WIB

Dan hal ini kembali terjadi pada minggu (04/08/2019) mulai pukul 12.30 siang hari sampai batas waktu yang tidak bisa di prediksi, karena saat saya menulis ulasan ini pun aliran listrik masih mati.

Jaringan listrik yang mati saya rasakan saat sedang ingin mengisi daya batre handphone saat siang hari, namun daya batre handphone tak kunjung mengisi, kontak lampu saya nyalakan.

Alhasil ternyata memang mati listrik bukan di rumah saya, namun rumah-rumah yang dekat wilayah saya pun mati. Belum sampai di situ, ternyata saat sedang mengecek trending topik tagar di twitter, ternyata memang #matilampu mencuat di jejaring sosial media twitter.

Banyak perdebatan di tagline tersebut, karena memang bukan berdampak hanya untuk Kabupaten Karawang tempat saya tinggal, namun terjadi pula di beberapa kota lain termasuk ke wilayah DKI Jakarta.

Tak selang lama dari saya mulai tahu bahwa sedang terjadi pemadaman listrik tersebut, muncul notifikasi lewat aplikasi whatsapp di handphone. Salah satu anggota di grup WA membroadcast bahwa pihak PLN memohon maaf karena pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah karena gangguan pada sejumlah Pembangkit Listrik di Jawa.

Hal itu berdampak besar serta menimbulkan beberapa dampak buruk bagi industri yang ada di sekitaran Jabodetabek, khususnya di Kabupaten Karawang.

Dilansir dari beberapa halaman berita, industri yang ada di Karawang berpotensial mengalami kerugian akibat pemadaman listrik yang sedang berlangsung saat hari rabu (31/07/2019) dan minggu (04/08/2019).

Tak sampai situ, beberapa akses transportasi masyarakat pula menjadi terganggu, dari mulai laju KRL yang terhambat, gardu di beberapa pintu tol yang menjadi manual, lampu lalu lintas yang mati dan membuat sembrautnya jalanan, juga dengan pelayanan publik bagi masyarakat yang tersendat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x