Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Perawat | Aceh Tulen

Suka Menulis Apa Saja

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kue "Timphan" Khas Aceh, Makanan Lebaran yang Dirindukan Anak Perantauan

16 Mei 2021   20:00 Diperbarui: 16 Mei 2021   19:58 195 35 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kue "Timphan" Khas Aceh, Makanan Lebaran yang Dirindukan Anak Perantauan
Kue Timphan Khas Aceh, Sumber[Seputar Aceh]

Momen lebaran memang sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Lebaran menjadi kesempatan untuk anak perantauan pulang ke kampung halaman, anak-anak bertemu dengan orangtua, mempererat hubungan keluarga, semuanya biasa dilakukan ketika momen lebaran tiba.

Maka banyak kita lihat, ketika lebaran tiba semua rumah akan penuh dengan tamu yang silih bergantian masuk menyapa. Baik itu keluarga dekat, sahabat hingga tetangga.

Untuk memuliakan tamu yang datang. Biasanya si pemilik rumah akan menyiapkan berbagai macam hidangan. Bisa jadi makanan berat seperti nasi dan lontong. Atau sering juga kita lihat pemilik rumah menyiapkan berbagai kue, seperti nastar, bolu dan sebagainya.

Namun yang tak kalah menarik adalah, banyak juga pemilik rumah menyediakan makanan lebaran khas daerahnya masing-masing. Sebab, setiap daerah di Indonesia, ada makanan lebaran khas yang sudah berakar di masyarakat. Misalnya Aceh.

Di Aceh, setiap lebaran idulfitri atau idul adha, kebanyakan masyarakat Aceh pasti menyiapkan makanan khas  di rumahnya. salah satunya adalah kue Timphan.

Nah, tidak berlama-lama lagi. Yuk langsung saja kita berkenalan dengan kue Timphan.

Kue Timphan 

"Peunajoeh timphan, piasan rapai" artinya begini, makanan timphan, kalau hiburan ya rapai.

Kue Timphan menjadi Makanan yang Wajib Ada Ketika Lebaran, Sumber [Steemit]
Kue Timphan menjadi Makanan yang Wajib Ada Ketika Lebaran, Sumber [Steemit]

Begitulah kurang lebih makna dari hadih maja diatas. Kue timphan ini merupakan kue basah. Bahan dasarnya adalah tepung ketan. Untuk isi di dalamnya biasa ada bermacam-macam, isi srikaya, kelapa hingga labu. Sedangkan bagian luarnya, kue timphan dibalut dengan daun pisang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x