Mohon tunggu...
Muhammad Nauval
Muhammad Nauval Mohon Tunggu... Perawat | Aceh Tulen

Seorang Pembaca yang Kadang Tergoda untuk Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Mengintip Beberapa Tips agar Maag Tidak Kambuh Saat Ramadan

13 April 2021   12:06 Diperbarui: 13 April 2021   12:15 1480 25 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Beberapa Tips agar Maag Tidak Kambuh Saat Ramadan
Ilustrasi Penderita Penyakit Gastritis (maag), Sumber[BantenNews.co.id]

Tidak dirasa, kita semua sudah memasuki bulan Ramadan. Semua umat muslim bersuka cita merayakannya. Semua bersemangat menyambut dan merayakan bulan yang penuh dengan keberkahan ini.

Banyak sekali amalan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadan. Mulai dari membaca Al-quran, berzikir, i'tikaf di dalam masjid dan lain sebagainya.

Namun, di samping itu semua, rasanya Ramadan juga sangat erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Banyak sekali gangguan kesehatan terjadi pada bulan Ramadan yang disebabkan oleh kesalahan kita sendiri.

Dalam hal ini, saya mengamati yang paling sering bermasalah adalah pada pencernaan. Ini cukup lazim kita dapati pada kaum perempuan. Penyakit yang sering muncul adalah gastritis (maag).

Gastritis adalah penyakit pencernaan yang kerap dialami oleh remaja wanita. Meski terkadang anak-anak, orang dewasa, remaja laki-laki hingga orangtua sering juga mengalami penyakit yang satu ini. Namun, wanita lah yang lebih mendominasi.

Kenapa Wanita Lebih Sering Terkena Gastritis ?

Wanita merupakan kelompok yang paling gampang terkena stres. Disebabkan stres berlebihan  dan kemampuan mengelola stres yang kurang, banyak wanita yang memilih melampiaskannya pada makanan.

Stres dapat Memicu Terjadinya Maag, Sumber [Hello Sehat]
Stres dapat Memicu Terjadinya Maag, Sumber [Hello Sehat]

Mereka akan cenderung mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Tujuannya adalah supaya mereka bisa tenang. Namun, yang menjadi masalahnya adalah, mereka salah dan tidak tahu makanan apa yang baik dan mana yang tidak.

Beberapa wanita lebih suka mengkonsumsi makanan asam dan pedas dalam jumlah yang banyak. Apalagi jika mereka tidak memperdulikan waktu saat mengkonsumsinya, maka asam lambung bisa naik. Dan hal inilah yang kemudian memicu terjadinya maag pada mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN