Mohon tunggu...
Muhammad Nabil Ramadhani
Muhammad Nabil Ramadhani Mohon Tunggu... Siswa SMAN 28 Jakarta

Siswa SMAN 28 Jakarta, kelas XI MIPA 3, nomor absen 24.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ingin Tetap Sehat Selama Pandemi? Ikuti Lima Tips Sederhana Ini!

2 Agustus 2020   14:06 Diperbarui: 2 Agustus 2020   13:56 250 11 1 Mohon Tunggu...

Pada 2 Maret 2020, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengumumkan kasus COVID-19 pertama di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa sudah sekitar lima bulan kasus COVID-19 ada di Indonesia. Akibat pandemi inipun, pemerintah menerapkan segala cara, mulai dari PSBB hingga menerapkan berbagai protokol kesehatan di berbagai tempat publik. Karantina pun mulai dilakukan di berbagai wilayah Indonesia.

Tentunya tidak ada seorangpun yang ingin terjangkit COVID-19. Maka dari itu kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita, baik secara jasmani maupun rohani. Nah kali ini, penulis akan membagikan  tips sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah agar kamu tetap sehat jasmani dan rohani. Disimak dan dibaca sampai habis ya!

1. Rutin Berolahraga

Meskipun selama pandemi ini kita lebih sering menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti kita jadi malah malas berolahraga loh! Justru kita harus semangat berolahraga dengan memanfaatkan waktu luang yang lumayan banyak saat pandemi ini. Olahraga ini tidak boleh setiap hari, karena tubuh kita juga memerlukan istirahat. 

Cukup berolahraga tiga sampai lima kali dalam seminggu dengan durasi sekitar tiga puluh menit setiap kali berolahraga. Olahraga di rumah ini bisa dengan mengikuti video-video home workout yang banyak tersedia di youtube. Jadi tunggu apalagi? Segera lakukan pemanasan dan berolahragalah dengan semangat!

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Mengapa sih kita berjemur di bawah sinar matahari? Karena ultraviolet B yang ada pada sinar matahari akan bekerja sama dengan kolestrol yang ada di bawah permukaan kulit untuk membentuk vitamin D3 yang berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor serta menjaga tulang agar tetap kuat. Perlu diingat, bahwa waktu berjemur yang ideal pada pukul 09.00-10.00 pagi dengan durasi 10-15 menit agar terhindar dari resiko terkena kanker kulit. Sebelum berjemurpun, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen ya!

3. Memasak Makanan Sendiri

Memasak makanan sendiri tentunya dapat mengurangi resiko terpapar COVID-19 karena kita dapat memastikan teknik memasak yang benar serta kehigienisan dari makanan yang akan kita konsumsi. Namun jika akhirnya terpaksa membeli makanan dari luar, pastikan memilih toko yang memenuhi standar protokol kesehatan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu pilih makanan dengan gizi seimbang ya!

4. Segera ke Dokter Bila Merasa Tidak Enak Badan

Ketika mulai merasakan gejala tidak enak badan seperti meriang, demam, pilek, dan sebagainya, segera periksakanlah diri ke dokter! Jangan menyepelekan gejala yang terlihat ringan. Selain itu, jika sudah merasa tidak enak badan, istirahatlah yang cukup dan hindari kontak fisik dengan anggota keluarga yang lain. Serta yang terpenting, selalu berpikir positif jangan pesimis!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x