Mohon tunggu...
Muhammad Kafka
Muhammad Kafka Mohon Tunggu... Berita media

Hai saya kafka

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Pemuda Generasi Sekarang dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

28 Oktober 2020   13:17 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:30 37 1 0 Mohon Tunggu...

Lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928, setiap tanggal 28 oktober indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda.  Momen penting tersebut diperingati setiap tahun karena  telah menjadi bagian dalam sejarah besar bangsa yang juga mendukung kemerdekaan Indonesia. Pemuda adalah peranan penting di hari sumpah pemuda ini.

Pada peringatan hari sumpah pemuda 2020 ini emang berbeda karena disaat sumpah pemuda indonesia sedang dilanda virus covid 19. Disaat pandemi ini peringatan sumpah pemuda tidak dilakukan semua kalangan, biasanya disekolah - sekolah merayakan hari sumpah pemuda tapi sekarang tidak.

Isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Secara keseluruhan isi dari Sumpah Pemuda merupakan sebuah penegasan terkait adanya persatuan, yakni bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Kongres Pemuda dilaksanakan pertama kali di Jakarta, kala itu masih bernama Batavia dengan tujuan untuk memperjuangan persatuan bangsa Indonesia.

Terdapat tiga tujuan digelarnya Kongres Pemuda II:

1. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia.

2. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia.

3. Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Kongres Pemuda II ini dihadiri oleh lebih banyak peserta dari kongres pertama, termasuk Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholike Jongelingen Bond, Pemuda Kaum Betawi, Sekar Rukun dan lainnya. Bagaimana peran pemuda di hari sumpah pemuda ditengah pandemi ini?

Tentunya disama seperti tahun tahun lalu. Ditengah pandemi ini pemuda bisa:

Pertama, pemuda menjaga kesehatan dengan kesadaran kesehatan publik di atas kesehatan individu dan kelompok.

Kedua, pemuda juga siap mengelola tantangan hidup ke depan dengan mampu berkarya kreatif untuk memunculkan peluang kerja dan karya baru.

Ketiga, pemuda juga harus menjadi tonggak harapan hidup yang lebih maju secara ilmu pengetahuan dan teknologi dan damai sejahtera.

Peristiwa Sumpah Pemuda mengandung banyak nilai-nilai penting yang wajib kita lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Antara lain:

1. Peristiwa Sumpah Pemuda yang dihadiri oleh perhimpunan dan organisasi daerah dari seluruh Indonesia menandakan adanya persatuan dalam proses memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Nilai demokrasi. Kongres Pemuda II merupakan bentuk dari implementasi demokrasi di kalangan rakyat Indonesia.

3. Nilai patriotisme. Deklarasi Sumpah Pemuda memunculkan rasa patriotisme pada bangsa Indonesia.

Ilham Hudi S.Pd., M.Pd merupakan dosen mata kuliah Kewarganegaraan di Universitas Muhammadiyah Riau, beliau memberikan tugas kepada Mahasiswa nya yaitu membuat artikel bertema "sumpah pemuda" lalu di upload di media online, media berita, dan ini merupakan cara untuk memperingati hari sumpah pemuda.

Kesimpulannya adalah kita harus jadi  pemuda pemudi yang menjadikan semangat juang untuk mempertahankan NKRI. "Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan  dunia"

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x