Mohon tunggu...
Muhammad Iqbal Umacina
Muhammad Iqbal Umacina Mohon Tunggu... Saya adalah mahasiswa yang gemar menulis

Saya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi dari salah satu kampus swasta di kota pelajar.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Wawancara Melalui Telepon? Berikut Tipsnya!

18 April 2021   18:30 Diperbarui: 18 April 2021   18:52 43 1 0 Mohon Tunggu...

Ketika mencari pekerjaan, kamu harus siap jika ada panggilan wawancara melalui telepon, terutama pada situasi pandemi seperti sekarang. Sebelum pandemi pun, wawancara melalui telepon adalah salah satu bentuk wawancara sebelum wawancara langsung dengan HRD. 

Untuk perusahaan tertentu, terkadang wawancara melalui telepon adalah satu-satunya wawancara yang akan kamu dapatkan. Berikut tips untuk melakukan wawancara melalui telepon:

  • Lakukan riset dan siapkan dokumen

Sebelum memulai wawancara, lakukan riset kecil tentang perusahaan dan siapkan dokumen pendukung lainnya seperti CV atau deskripsi pekerjaan. Buat catatan kecil yang mudah diakses untuk mempermudah kamu dalam merespon pertanyaan. Meskipun sudah memiliki catatan, kamu harus tetap fokus mengingat agar tidak memakan waktu lama ketika menjawab pertanyaan. Pertanyaan dan jawaban umum dari pewawancara juga penting untuk masuk catatan kecil kamu.

  • Tempat yang nyaman

Carilah tempat yang tenang dan nyaman agar kamu tidak terganggu. Hindari tempat yang bising dan banyak gangguan seperti ruang keluarga, ruang kerja, atau tempat publik. Jaringan telepon atau internet juga harus dipastikan agar wawancara tidak terputus di tengah jalan. Jika pewawancara menanyakan waktu untuk wawancara, pastikan kamu memilih waktu dan tempat yang tepat.

  • Siapkan pertanyaan

Sama dengan kamu wawancara langsung, persiapkan pertanyaan yang akan kamu berikan. Persiapkan juga respon-respon untuk menjawab pertanyaan. Jangan khawatir ketika  kamu membutuhkan waktu untuk mempersiapkan jawaban. Hanya saja pastikan agar tidak terlalu memakan waktu yang lama untuk berpikir.

  • Atur nada suara

Tersenyum di sela-sela kamu merespon pertanyaan. Meskipun pewawancara tidak melihat secara langsung, hal tersebut dapat mengubah suara kamu menjadi lebih ceria dan santai. Latihanlah sebelum mulai wawancara agar kamu tahu nada suara kamu apakah terlalu tinggi atau terlalu rendah, tempo bicara kamu terlalu cepat atau terlalu lambat, dan sebagainya. Intonasi dan tempo bicara akan menunjukkan ketertarikan dan antusiasme kamu terhadap pekerjaan yang sedang kamu tuju.

Jadi, sudah siap anda untuk wawancara kerja melalui telepon?

VIDEO PILIHAN