Mohon tunggu...
MUHAMMAD HARI SETIADI
MUHAMMAD HARI SETIADI Mohon Tunggu... MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengikisan Etika Generasi Milenial yang Terjadi Saat Ini di Negara Indonesia

21 Juni 2021   14:25 Diperbarui: 21 Juni 2021   15:47 23 1 0 Mohon Tunggu...

Perubahan zaman membawa dampak bagi seluruh Negara. Dengan adanya perubahan zaman, pola pikir manusiapun ikut berubah. Perubahan zaman membawa dampak positif maupun negatif. Tetapi kini, moral atau perilaku anak remaja di Indonesia sangat memprihatinkan. Banyak sekali perilaku-perilaku menyimpang yang kian marak terjadi di Indonesia. Penyimpangan-penyimpangan tersebut sebagian besar dilakukan atau dialami oleh anak remaja.

Seharusnya Penanaman nilai etika, moral, dan akhlak tidak hanya ditanamkan di lingkungan keluarga saja namun diperlukan kerja sama dari pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah. Keluarga sebagai lingkungan pertama dan utama dimana seorang anak mendapatkan bekal pendidikan etika, moral, dan akhlak. Orang tua memiliki peranan utama dalam memberikan arahan, bimbingan, serta teladan kepada anak untuk keberhasilan dalam proses pembentukan etika.

Pada zaman dahulu,anak Indonesia memiliki tatakrama, sopan santun dan tutur bahasa yang sangat baik.Namun seiring perubahan zaman perilaku etika anak indonesia sangat memperhatikan.Penyimpangan perilaku tersebut banyak dialami generasi muda seperti free sex, narkoba, ujaran kebencian,SARA dan lain-lain.

Dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia, sistem pendidikan kita selama ini masih lebih menitikberatkan dan menjejalkan pada penguasaan kognitif akademis. Sementara afektif dan psikomotorik seolah-olah dinomorduakan. Sehingga yang terjadi adalah terbentuknya pribadi yang miskin tata krama, sopan santun, dan etika moral.

Pada zaman milenial,generasi muda lebih tertarik dengan kebudayaan barat  yang sebenarnya tidak sesuai dengan budaya Indonesia.Ini menganggap lebih keren dan modern, baik itu gaya hidup maupun tingkah lakunya. Karena hal itulah, timbul pergaulan bebas di kalangan remaja (pelajar) dan mempengaruhi pikiran serta tingkah laku generasi muda. Merosotnya moral pada generasi muda membuat Indonesia akan semakin terpuruk dan memiliki masa depan yang suram.

Nilai Pancasila tidak lagi dijadikan sebagai pedoman hidup generasi muda Indonesia. Krisis moral terjadi juga karena nilai-nilai Pancasila sekarang ini mulai luntur dan tidak lagi diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila yang seharusnya sebagai pedoman hidup dan falsafah bangsa kini hanya sebagai semboyan belaka. Dalam bertindak, kebanyakan orang sudah tidak mengindahkan asas Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Jati diri bangsa sekarang ini telah luntur, sehingga timbul perilaku amoral yang merugikan orang lain dan membuat semakin terpuruknya negeri ini.

VIDEO PILIHAN