Mohon tunggu...
Muh. Hanafi
Muh. Hanafi Mohon Tunggu... Guru - Abdi Negara

Pengawas Madrasah Tingkat MA, Fasda Numerasi dan AlQur'an Hadist, Fasilitator IKM, Instruktur Visitasi Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI 2023, Penggerak Moderasi Beragama, Karya yang telah dipublikasikan : 1 buah Buku Referensi "Keajaiban Think Pair And Share pada Pembelajaran Al-Qur'an Hadist", 2 buah Jurnal pada At-Taklim STAI An-Nadwah KTL dan PEJ FTK UIN STS Jambi. Hope winner on cross cultural religious literacy competition "Developing Student Activity Program" Institut Leimena Jakarta Tahun 2022.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Setelah Mengetahui Ini Saya Jadi Ingin Menulis

29 November 2022   19:07 Diperbarui: 28 Desember 2022   13:51 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sedang menulis (Sumber gambar : https://www.pngwing.com/id/free-png-zqhcx)

Karya tulis ilmiah...anda tahu kan...begitu sulitnya menyusun karya tulis ilmiah, beberapa kali pengamalan saya mengirimkan karya tulis ilmiah sebagai bahan untuk kenaikan pangkat guru. Pengalaman terakhir naik pangkat ke III/d saya, sekitar April 2020 lalu, bahan saya dikembalikan, akhirnya saya menyusun ulang balik dan mengajukan kembali Oktober 2020 keluar pangkat ke III/d saya.

Pengalaman ini menjadi rasa penarasan saya, akhirnya saya mencoba membaca berulang-ulang Penelitian Tindakan Kelas saya, dimana letak salah dan kelirunya..kemudian saya membaca beberapa literatur, buku-buku terkait dengan PTK, Jurnal, Buku referensi, karya tulis, tulisan populer, dan bentuk tulisan lainnnya..

Dari pengalaman membaca saya, ternyata....satu buah penelitian yang kita lakukan itu bisa membuahkan beragam bentuk tulisan, saya mencoba mempelajari berbagai template-template jurnal, Alhamdulillah..dua penelitian PTK saya telah menjadi dua jurnal, dan bahkan satu PTK saya telah saya jadikan sebuah buku referensi.  

Jadi dengan satu judul penelitian kita, penelitian tindakan kelas terutama, itu bisa menjadi apa saja, bahkan bisa kita jadikan sebagai best practice dan bentuk tulisan lainnya.

Misal terkait jurnal...anda cukup donwload saja semua bentuk template. Pelajari bentuk dan cara penulisannya..kemudian mulailah sedikit-sedikit ikuti alurnya...insyaAllah anda mampu menulis sebuah jurnal dengan baik.

Kalo buku referensi, bisa lebih mudah lagi...lebih bebas...karena tidak ada patokan apapun, yang penting kita tidak plagiarisme...jikapun kita mengambil materi-materi dari berbagai ahli, cukup dengan mencantumkan sumber-sumbernya saja..

Nah..mudahkan...ayo silahkan dicoba.....Bismillah..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun