Mohon tunggu...
Muhammad Hafidh Sabillah
Muhammad Hafidh Sabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah

Seorang yang ingin mengabadikan apa yang ia tau dari pengalaman maupun bacaan

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Cara Menjadi Graphic Designer: Sharing Pengalaman Pribadi

5 Juni 2021   09:54 Diperbarui: 5 Juni 2021   10:03 134 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menjadi Graphic Designer: Sharing Pengalaman Pribadi
dokumentasi pribadi

Berkembangnya zaman membuat kemajuan tekhnologi yang signifikan, sehingga banyak sekali instrument instrumen baru dalam kehidupan yang memberikan kemudahan diberbagai bidang. Bukan hanya itu, banyak juga tercipta lapangan pekerjaan dengan profesi yang belum perah ada sebelumnya, Salah satunya adalah; desain grafis. 

Hal ini membuat banyak sekali pengadaan kursus untuk menjadi seorang desain grafis, Tentu banyak cara untuk menjadi desainer selain dengan mengikuti pelatihan ataupun kursus. 

Kita bisa juga belajar secara otodidak agar bisa mengerti dan paham ilmu terkait per desain an dengan melihat tutorial di Platfrom Youtube terkait. untuk itu kali ini penulis akan memberikan pengalamannya terkait dengan cara belajar otodidak untuk menjadi seorang desainer.

Mengikuti perkembangan zaman adalah salah satu cara untuk bertahan hidup, untuk itu kita harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada di masa ini. Hal ini merupakan salah satu pemicu penulis untuk terus mengembangkan diri agar dapat menyesuaikan keadaan zaman. Salah satu hal yang diminati adalah dunia seni grafik. 

Hal itu karena penulis suka dengan seni lukis/ gambar. Akan tetapi, dana menjadi batasan karena terlahir di keluarga yang serba pas pasan dalam masalah ekonomi. Sehingga saya hanya dapat belajar melalui media yang ada dan dengan terus berusaha mengadakan fasilitas untuk mendukung pembelajaran kedepan.

Hal yang pertama saya lakukan adalah membandingkan tutorial tutorial pembelajaran desain grafis yang ada di youtube. Tentunya hal ini dilakukan untuk mengetahui aplikasi apa yang mempunyai tools dan feel yang tepat dengan gaya atau jenis type desain yang saya suka. 

Supaya nantinya ketika meng instal aplikasi tersebut kita tidak terlalu bingung untuk memulainya, karena kita bisa memulai dengan hal yang kita sukai. Ouh iya hal ini dilakukan pada tahun 2014 pada saat ini tentu tekhnologi sudah lebih di sempurnakan bahkan tidak beda jauh satu dengan lainnya.

Setelah mempunyai alat dan aplikasi yang telah cocok dengan type seni yang saya miliki dan merasakan feel yang sesuai, saya mendalami penggunaannya terkait dengan perangkat keras (Laptop) maupun perangkat lunaknya (Software/ Application). 

Pada saat itu saya menggunakan Software Coral Draw X4. Tentunya hargannya yang sangat mahal pada saat itu dan keadaan ekonomi yang pas pasan, membuat saya menggunakan hal hal yang semestinya tidak digunakan untuk pembelajaran. 

Tapi hal itu sudah tidak digunakan sekarang karena saya sadar aplikasi itu adalah sebuah karya orisinil yang akan membantu orang banyak untuk berkarya, jadi harus dihargai sebagaimana karya yang kita miliki ingin dihargai.

Setelah mengerti penggunaan baik hardware maupun software nya. Temen temen bisa mengembangkanya baik dengan melihat tutorial tata cara nya maupun melihat trend desain kekinian diberbagai aplikasi seperti, pinteres, Tumblr, Instagram, dsb. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN