Mohon tunggu...
Muhammad Haekal Kalipaksi
Muhammad Haekal Kalipaksi Mohon Tunggu... Orang yang ingin memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan

Sesuai dengan keterangan profil saya, tujuan utama saya membuat ini adalah untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

2 Agustus 2020   23:07 Diperbarui: 2 Agustus 2020   23:13 54 3 0 Mohon Tunggu...

Baterai adalah salah satu komponen paling penting di perangkat digital, salah satunya contohnya adalah di iPhone. Jika kamu ingin menggunakan iPhone tersebut dalam jangka lama tentunya kesehatan baterai adalah salah satu aspek paling penting, Karena jika kesehatan baterai sudah menurun tentunya akan beberapa masalah. Seperti, indikator baterai rusak, pengisian baterai cepat tetapi cepat habis, dan baterai menjadi bengkak yang nantinya akan merusak layar dari iPhone tersebut. 

Kerusakan baterai dapat disebabkan oleh dua hal, yang pertama disebabkan oleh umur dari baterai tersebut. Yang kedua disebabkan oleh kesalahan penggunanya, hal tersebut dapat menyebabkan umur dari baterai tersebut lebih singkat. Jika baterai sudah rusak, tidak ada cara untuk memperbaikinya selain mengganti baterai iphone.

Mengganti baterai iPhone harganya cukup mahal, belum lagi kita harus pergi ke teknisi untuk menggantinya. Supaya baterai iPhone selalu awet dan tahan lama serta terhindar dari kerusakan, ada beberapa hal yang harusk kita lakukan, mari kita simak!

1. Menggunakan Aksesoris Original dan Berkualitas

Sumber : https://flic.kr/p/qmsr8f
Sumber : https://flic.kr/p/qmsr8f

Menggunakan Power Adapter dan kabel original adalah hal yang paling penting, normalnya jika kamu memberi iPhone dari distributor resmi kamu akan mendapatkan Power adapter dan kabel yang original, tetapi jika kamu beli dari distributor tidak resmi ada kemungkinan kamu mendapatkan Power adapter dan kabel yang tidak original atau Palsu. Dengan menggunakan kabel dan Power adapter original, kamu bisa mendapatkan jaminan Arus dan daya ke iPhone kamu sesuai dengan rekomendasi iphone. Selain menggunakan aksesoris original, kita juga dapat menggunakan aksesoris pihak ketiga yang sudah bersertifikasi MFI (Made For iPhone) seperti ANKER, AUKEY, Baseus, dll. 

2. Usahakan jangan Menggunakan handphone ketika pengisian Baterai

iPhone sedang pengisian baterai
iPhone sedang pengisian baterai

Baterai iPhone dalam pengisian memiliki 2 cara, yaitu 0 - 80% menggunakan fast charge dan 80-100% menggunakan Trickle Charge dengan mengurangi arus listrik yang masuk, hal tersebut memiliki tujuan untuk menjaga kesahatan baterai, biasanya suhu di kondisi Trickle Charge Lebih dingin daripada di kondisi fast charge. 

Jika Kamu menggunakan iPhone yang butuh tenaga yang cukup tinggi seperti bermain games atau menonton video ketika pengisian baterai dikhawatirkan suhu iPhone tersebut akan panas, yang nantinya akan merusak kondisi baterai iPhone. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakan iPhone ketika pengisian baterai.

3. Hindari suhu lingkungan yang ekstrem

Sumber : https://www.apple.com/id/batteries/maximizing-performance/
Sumber : https://www.apple.com/id/batteries/maximizing-performance/

Dilansir dari website apple, iPhone dapat berkerja dengan baik pada suhu 0 sampai 35. Tentunya hal tersebut sangatlah penting karena jika diatas 35 dapat merusak kapasitas baterai iPhone secara permanen. Selain itu, ketika mengisi baterai usahakan suhu yang didapatkan juga tidak lebih dari 35, dikarenakan pengisian dengan suhu tinggi tidak dianjurkan dan dapat merusak baterai.

4. Jangan gunakan iPhone hingga baterainya habis

Sumber : https://flic.kr/p/FrXgYi
Sumber : https://flic.kr/p/FrXgYi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN