Mohon tunggu...
Muhammad Ghozali
Muhammad Ghozali Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

KKN MIT DR XI Tahun 2021 Kelompok 25

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosialisasi Cara Mencuci Tangan dengan Sabun oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang

23 Februari 2021   23:09 Diperbarui: 23 Februari 2021   23:19 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Cara Mencuci Tangan dengan Sabun oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang
Sosialisai kepada warga tentang mencuci tangan dengan sabun (Dokumen pribadi)

Berbulan-bulan sudah Indonesia masih dilanda pandemi covid-19, hingga bulan Februari 2021 segala aktivitas mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, perdagangan, logistik dan bidang lainnya menjadi sangat terhambat. Namun, kita tidak bisa berdiam diri saja menunggu covid-19 benar-benar hilang dari Indonesia bahkan di seluruh dunia. Secara tidak langsung, manusia harus menerima kenyataan hidup berdampingan dengan covid-19. Adapun upaya pencegahan agar tidak tertular covid-19 dengan menerapkan 5M (Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi) dan mematuhi protokol kesehatan covid-19. Semua itu dilakukan untuk menekan angka penyebaran covid-19 di masyarakat.

Diantara bebeapa upaya tersebut salah satunya yaitu mencuci tangan dengan sabun pada air bersih yang mengalir, oleh karena itu perlu adanya pemberian informasi, maka anggota KKN MIT DR XI kelompok 25, bernama Muhammad Ghozali melakukan sosialisasi kepada warga di sekitar lokasi KKN yaitu Desa Gondoriyo, RT 04 RW 05, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada Sabtu (9/1/2021) untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas sehari-hari, dikarenakan tidak ada yang tahu keberadaan covid-19 secara pasti, siapa tahu telah menempel di benda atau barang yang sering kita gunakan sehari-hari.

Untuk itu setelah menggunakan atau memegang suatu barang tertentu setelah aktivitas dianjurkan selalu mencuci tangan dengan sabun, sehingga tidak menular ke anggota keluarga atau orang lain  disekitarnya. Para warga sangat antusias dan ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang pecegahan covid-19 yang akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga memberikan praktek cuci tangan dengan sabun di depan warga sekaligus menjelaskan secara detail, sehingga mereka bisa menyaksikan secara langsung. Tak sedikit pula ada yang bertanya kepada kami tentang covid-19 dari segi pandang seorang mahasiswa, karena minimnya informasi yang disampaikan oleh pemerintah kepada warga disini. Kami lantas menjawab sesuai pengetahuan kami secara jelas dan mudah dipahami oleh warga.

Sosialisasi ini penting untuk menyampaikan informasi bagi warga terkait pencegahan covid-19 salah satunya mencuci tangan dengan sabun.” kata Ghozali

Hari menjelang siang, setelah lama berbincang-bincang dan memberikan sosialisasi kepada warga, maka kami berpamitan dan melanjutkan kegiatan masing-masing. Semoga warga di Desa Gondoriyo selalu ingat dengan protokol kesehatan covid-19 salah satunya mencuci tangan menggunakan sabun dan saling mengingakan antar warga. Diharapkan pula seluruh warga peduli dan tidak menganggap remeh pada covid-19, sehingga kedepannya segala aktivitas warga bisa pulih kembali dan terbebas dari covid-19.

VIDEO PILIHAN