Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi
Muhammad Fauzi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sarjana Pengangguran
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Jangan sesekali kalian mengeluh tentang kehidupan, bersyukurlah kalian kepada sang pencipta.

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,44 Persen, Apa Pengaruhnya bagi Kita?

13 Agustus 2022   23:53 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:46 1030 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi ekonomi digital. (sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Di tengah dunia yang sedang tidak baik dan tidak kondusif ini, ada kabar baik tentang ekonomi Indonesia. BPS telah merilis mengenai kinerja perekonomian Indonesia pada triwulan kedua ini. 

Menurut data BPS bahwa ekonomi Indonesia tumbuh 5,4%, sementara tingkat inflasi di Indonesia per juni 2022 diketahui nilainya sebesar 4,4%. 

Mungkin kalian semua sering mendengar data itu. Atau mungkin kalian semua kurang begitu paham, apa sih maksud ekonomi tumbuh dan apa makna dari inflasi itu? 

Kali ini saya ingin memaparkan tentang makna dibalik pertumbuhan ekonomi dan korelasinya dengan angka inflasi. Serta apa yang harus kita lakukan dalam menyikapi kondisi ini.

Apa itu Pertumbuhan Ekonomi

Angka pertumbuhan ekonomi diperoleh   dengan membandingkan nilai PDB dari satu periode waktu dengan periode sebelumnya. PDB atau Produk domestik bruto merupakan nilai  akhir dari barang dan jasa yang diproduksi pada kurun waktu tertentu oleh sebuah negara. 

Misalnya begini:

Katakanlah Ahmad mempunyai sebuah usaha, ia memiliki pabrik yang menghasilkan sebuah produk. Pada periode bulan April hingga Juni tahun 2022, Ahmad berhasil memproduksi 10,5 juta. 

Kemudian pada periode yang sama pada bulan April hingga bulan Juni tahun 2021 yang lalu artinya setahun yang lalu, Ahmad menghasilkan produk 10 juta. 

Jika dilihat dari perbandingannya, pada tahun 2021 dan pada 2022 berarti produknya meningkat sebanyak 500 ribu. Peningkatan inilah yang disebut sebagai pertumbuhan ekonomi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan