Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi
Muhammad Fauzi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sarjana Pengangguran
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Jangan sesekali kalian mengeluh tentang kehidupan, bersyukurlah kalian kepada sang pencipta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Uang Bukanlah Penentu Kekayaan dan Kesuksesan

24 Juli 2022   15:39 Diperbarui: 24 Juli 2022   15:47 514 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi uang (sumber istockphoto by kompas)

Banyak orang menganggap ketika kita mempunyai banyak uang, maka kita telah dianggap menjadi orang kaya dan sukses. Padahal realitanya tidak demikian, sebab belum tentu mempunyai banyak uang itu benar-benar mampu menjadi orang kaya dan sukses. Setidaknya ada tiga alasan mengapa saya berargumentasi seperti itu.

 

1. Uang Cepat Habis

Sebanyak apapun uang yang kita miliki hari ini, uang itu sangat mungkin habis dalam waktu yang singkat. Karena sebanyak apapun uang itu, jika tidak memiliki kemampuan mengelolanya, sangat mungkin uang itu habis. 

Misalnya, satu fakta menarik yang dapat kita temukan dan sempat pernah viral pada awal 2021 yang lalu. Sekelompok warga di Kecamatan Jenu Kabupaten  Tuban mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat besar. Uang tersebut didapatkan sebagai ganti rugi atas pembelian tanah yang dilakukan oleh PT. Pertamina. Warga mendapatkan uang antara sekitar Rp 2,5 miliar sampai dengan Rp 20 miliar. 

Apa yang mereka lakukan dengan uang itu? Mereka memborong mobil dan barang mahal lainnya. Setelah mendapatkan uang yang begitu besar, mereka dengan mudahnya menghabiskan begitu saja uang tersebut. Namun pada akhirnya di awal 2022 ini, para warga satu kampung tersebut berdemo dengan meminta pekerjaan ke PT Pertamina. 

Mereka mengeluh, karena uang yang telah diberikan sebagai ganti rugi tersebut telah habis. Coba kita bayangkan, uang milyaran yang mereka miliki habis seketika dalam waktu kurang dari satu tahun. 

Fenomena itu merupakan satu fakta yang dapat kita ambil sebagai pelajaran. Bahwa seberapapun banyak uang yang kita miliki, uang itu sangat mudah untuk habis. Menghabiskan uang Rp 1 miliar dalam satu jam itu sangat mungkin, bahkan menghabiskan uang 10 miliar dalam waktu 1 menit itu juga sangatlah mungkin. 

Alasan inilah yang membuat saya berargumentasi, bahwa bukan banyaknya uang yang membuat kita sukses, karena uang tersebut punya potensi untuk lenyap seketika. 

2. Uang Mengundang Banyak Predator

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan