Mohon tunggu...
Muhammad FathurRizky
Muhammad FathurRizky Mohon Tunggu... Lainnya - Single

Coba coba

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Merealisasikan Ideologi Pancasila pada Kehidupan Sehari-hari

28 Oktober 2021   21:11 Diperbarui: 28 Oktober 2021   21:54 96 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari beribu-ribu pulau, banyaknya suku, ras, agama, serta adat istiadat. Hal tersebut membuat Negara Indonesia memiliki berbagai macam keadaan. Negara Indonesia yang sangat luas dan memiliki banyak kekayaan akan keberagaman pasti sangat sulit untuk menentukan jalannya kehidupan kebangsaan dan kehidupan bermasyarakatnya.

Negara dengan jutaan penduduk dengan pemikiran dan pemahaman yang pasti saja berbeda menjadi hal penghambat tersendiri untuk menjaga jalannya kehidupan bermasyarakat tetap dijalannya. 

Dengan  banyaknya masalah yang terjadi di Negara Indonesia yang dikarenakan keberagaman jalan berpikir dan keberagaman cara bertindak, Negara Indonesia harus memiliki sesuatu untuk bisa mengatur  kehidupan kebangsaan dan kehidupan masyarakat agar tetap tertib serta terkendali dan tetap menjaga persatuan Indonesia. 

Hal yang harus dimiliki itu bukan hanya sekedar kata-kata yang ditulis di atas kertas namun juga harus ditanamkan pada pemikiran serta pemahaman masing-masing individu yang berguna untuk menghindarkan serta meminimalisir permasalah internal pada Negara Indonesia tercinta ini.

Sesuatu yang bisa ditanamkan pada setiap individu yang bisa mencegah berbagai masalah-masalah yang terjadi adalah ideologi. Ideologi adalah sebuah pemikiran dan sudut pandang yang memiliki tujuan  memengaruhi keyakinan dalam cara seseorang menentukan sudut pandangnya agar mencapai tujuan negara. 

Ideologi Negara Indonesia adalah Ideologi Pancasila. Ideologi Pancasila adalah gabungan dari nilai-nilai, norma, dan cita-cita yang merupakan acuan dalam mencapai tujuan bangsa negara. Pancasila adalah sebuah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh karena itu Ideologi Pancasila adalah ideologi yang dilandaskan dasar Negara Indonesia.

Pancasila terdiri dari 5 sila, pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, ketiga Persatuan Indonesia, keempat Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikamt Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, kelima Keadilan Sosisal Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dari kelima sila itu bisa kita lihat secara menyeluruh bahwa Pancasila telah memberikan efek positif yang sangat besar bagi kita dan peraturan-peraturan serta hukum yang sangat jelas.

Ideologi Pancasila juga memilki tujuan tersendiri agar seluruh masyarakat Indonesia agar bisa lebih menghargai orang lain dalam berpendapat, menghargai orang lain, serta mengedepankan hak asasi manusia, kemudian juga bisa menciptakan rasa nasionalisme yang kuat serta cinta tanah air yang kuat pula, memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, hidup dalam demokrasi, dan harus sesuai dengan sila ke 5 yaitu Keadilan Sodial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Membuat rakyat sejahtera dengan melaksanakan sistem pemerintahan dan melaksanakan segala peratutan yang tercatat di undang-undang dengan keadilan yang jelas kepada setiap individu bukan suatu hal yang mudah, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali pelanggaran norma, pelanggaran ideologi yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak disengaja, baik secara sembunyi-sembunyi maupun secara jelas yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab, yang tidak memiliki rasa kemanusiaan, yang tidak bisa sedikitpun menghargai orang lain dan juga hidup dengan kebohongan. Para oknum yang seperti itu akan rela melakukan berbagi hal agar bebas dari jeratan hukum yang berlaku. 

Bisa dilihat dari berbagai contoh yang biasanya ada di beberapa atau di banyak sekolah yaitu khasus bullying. Salah satu kasus yang sangat sering didengar di daerah manapun yang sangat sering sekali disepelekan oleh banyak orang, padahal bullying bukanlah yang dibenarkan, dilihat dari sudut padang manapun, apapun, bahkan siapapun pembullyan tetaplah suatu tindakan yang sangat salah apapun alasannya. Pembullyan juga memiliki efek yang sangat besar kepada korban yaitu bisa menyebabkan trauma yang sangat mendalam dalam diri korban dan bisa saja dalam keadaan yang terburuknya bisa menumbuhkan keinginan melakukan hal buruk pada tubuhnya sendiri bahkan sampai bunuh diri bagi korban. 

Pembullyan juga bisa melanggar norma-norma yang berlaku dalam Ideologi Pancasila, maka dari itu menghargai orang lain serta menghormatinya akan dapat mencegah pembullyan yang sangat marak terjadi dimasa yang akan datang.  Jadi kita memang harus menanamkan Ideologi Pancasila ini pada diri kita agar kita tidak melakukan segala sesuatu yang merugikan orang lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan