Mohon tunggu...
Muhammad Fajar ramadhan irsyal
Muhammad Fajar ramadhan irsyal Mohon Tunggu... Dokter Spesialis THT-KL

Dokter Spesialis THT-KL RS THT Ciranjang Jakarta, RS THT Proklamasi , RS Brawijaya duren tiga

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

"Dok, Saya Sering Pilek Berulang, Apakah Saya Menderita Sinusitis?"

8 Februari 2021   00:35 Diperbarui: 8 Februari 2021   01:14 68 2 0 Mohon Tunggu...

Dok, Saya sering pilek berulang, apakah saya menderita sinusitis ??


Nahh, pertanyaan di atas sering ditanyakan pasien saya yang terdapat keluhan pilek berulang, hampir semua pasien menyatakan mereka terkena sinus karena keluhan pilek berulang yang dideritanya, padahal pilek karena alergi dan sinusitis merupakan penyakit yang berbeda.
Pilek merupakan gejala umum pasien yang mengalami alergi. Istilah pilek karea alergi dalam kedokteran disebut dengan rhinitis alergi dan ini berbeda dengan sinusitis dari gejala dan terapinya. 

Pilek adalah suatu keadaan dimana hidung mengeluarkan ingus atau lendir sesekali atau secara terus menerus. Warna ingus atau lendir yang keluar bisa berwarna bening encer, berwarna bening, berwarna kuning, atau berwarna kehijauan. Pilek ini bisa terjadi pada pasien dengan rhinitis alergi dan pasien dengan sinusitis.


Pilek karena alergi lendirnya encer dan berwarna bening sedangkan pilek karena sinusitis lendirnya kental berwarna kekuningan dan kadang berwarna kehijauan, ini ciri khas perbedaan antara kedua pilek tersebut, tapi keluhan ini juga harus disertai dengan keluhan khas lainnya dari rhinitis alergi maupun sinusitis.


Jika kita terkena pilek, apakah perlu berobat ke dokter ? jawabannya tidak selalu, pilek bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi jika karena alergi, jika sudah menghindari faktor alergennya pileknya akan hilang dengan sendirinya. Perbanyak istirahat, makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup akan sangat membantu menyembuhkan pilek.


Tetapi perlu diwaspadai jika pileknys lebih dari 5 hari, pilek yang makin memberat, pilek yang disertai dengan demam, pilek yang berwarna hijau, pilek yang disertai dengan gangguan penciuman, pilek dengan nyeri wajah, segeralah berobat ke dokter, karena ini bisa di sebabkan karena virus dan bisa memicu terjadinya penyakit sinusitis.


Terimakasih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x