Mohon tunggu...
Muhammad Devin Azwary
Muhammad Devin Azwary Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa SMAN 28 Jakarta XI MIPA 4 Absen 22

Siswa SMAN 28 Jakarta Jakarta Selatan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Mengatasi Rasa Takut Dalam Kehidupan Sehari-hari

2 Agustus 2020   15:30 Diperbarui: 2 Agustus 2020   15:25 192 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tips Mengatasi Rasa Takut Dalam Mencapai Sesuatu

            Rasa takut pada sesuatu merupakan hal yang wajar, karena itu termasuk naluri alami manusia. Orang yang memiliki rasa takut yang berlebih sering dicap oleh orang lain sebagai orang yang lemah, dan orang yang memiliki keberanian dicap sebagai orang yang kuat. Secara logika orang yang mempunyai keberanian yang sangat tinggi menunjukan bahwa ia tidak takut pada apapun dan siap menghadapi apapun, itu merupakan logika kita semua secara umum. Tetapi bagaimana cara untuk mengatasi rasa takut agar tidak dicap sebagai orang lemah?

  • Percaya kalau semua akan baik-baik saja

Percaya kalau semua akan baik-baik saja merupakan salah satu cara mengatasi rasa takut. Kepercayaan akan hal itu merupakan cara mensuggestikan diri yang membuat otak anda akan tenang dan tidak merasakan hal takut lagi. Suggesti itu sendiri merupakan sebuah saran yang sengaja dibuat untuk memasukan sebuah progam kepada diri seseorang dan suggesti sendiri bisa didapatkan secara disengaja ataupun tidak disengaja.

Kekuatan suggest sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu positif dan negative. Salah satu penyebab munculnya rasa takut adalah diri kita sendiri, kita terlalu bepikiran yang aneh-aneh terhadap suatu hal dan secara tidak sengaja membuat suggesti negative terhadap diri sendiri yang menyebabkan rasa takut.

  • Mencari hal yang penting dalam hidup

Dalam hidup ini kita pasti mempunyai hal penting yang membuat kita masih bertahan hidup sampai sekarang ini, tetapi kebanyakan dari kita tidak mengetahuinya secara pasti dan banyak yang tidak dapat bertahan hidup sampai sekarang ini. Mencari hal yang penting dalam hidup bukanlah hal yang mudah, untuk mencari hal tersebut kita perlu yang namanya pengalaman hidup. Dengan pengalaman hidup yang kita alami banyak juga rintangan hidup yang kita alami, denga itu maka kita akan tahu apa yang membuat kita bisa bertahan hidup sampai sekarang ini.

"Lalu apa hubungannya dengan mengatasi rasa takut?" kalau kita mengetahui hal yang penting dalam hidup ini maka kita dapat mengatasi hal apapun tanpa rasa takut, karna ketika kita takut kita hanya perlu mengingat hal tersebut dan dengan cara tersebut kita dapat menguatkan tekad kita.

  • Menambah ketaqwaan dan selalu berdoa kepada Tuhan

Kehidupan merupakan pemberian Tuhan yang berharga, oleh karena itu kita harus mensyukurinya. Kehidupan yang dberikan Tuhan kepada kita bukan hanya semata-mata agar kita bisa bersenang-senang dalam hidup, tetapi kita diperintahkan oleh tuhan untuk menyembahnya dan untuk itu Tuhan memberikan berbagai ujian hidup kepada kita.

Oleh karna itu menambah ketaqwaan merupakan salah satu tips untuk mengatasi rasa takut. Pada dasarnya setiap manusia memiliki takdirnya masing-masing ,dan terkadang banyak orang yang selalu pasrah terhadap takdir dan selalu menyalahkan takdir terhadap apa yang dia perbuat. Takdir sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu takdir yang dapat diubah dan takdir yang tidak dapat diubah. Contoh takdir yang dapat diubah adalah pencapaian atau kecerdasan, pencapaian dapat diraih oleh orang yang mau berusaha dan berdoa, karna pencapaian yang didapat dalam hidup bukan lah takdir tetapi hasil. Lalu takdir yang tidak dapat diubah adalah jenis kelamin, jenis kelamin tidak ada yang dapat menentukannya hanya tuhan yang menentukan jenis kelamin.

Dari pernyataan di atas kita dapat simpulkan kalau hal yang kita takutkan seperti kegagalan bukanlah hal yang harus ditakuti, karna kita bisa berusaha dan meminta pertolongan dari Tuhan. Oleh karena itu kita harus meningkatkan ketaqwaan agar semakin dekat dengan Tuhan dan tidak takut pada apapun selain Tuhan.

Itulah tips yang dapat saya berikan dari saya, saya bukanlah orang yang suci, saya juga bukan orang yang selalu benar dan berani. Tetapi satu hal yang dapat saya katakan pada kalian yang memiliki rasa takut berlebih, percayalah tidak ada yang namanya keberanian jika tidak ada yang namanya takut. Rasa takut tidak dapat dihindari, tetapi kita dapat melawannya dan itu tergantung dari diri kita masing-masing bagaimana cara mengatasinya.

GOOD Luck!!! dan Selamat mencoba cara mengatasi rasa takutmu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan